Bupati Apresiasi Tanggapan Fraksi-fraksi DPRD Muba

Daerah  RABU, 21 SEPTEMBER 2022 | 06:00 WIB

Bupati Apresiasi Tanggapan Fraksi-fraksi DPRD Muba

Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Apriyadi  hadiri Rapat Paripurna Masa Persidangan I Rapat Ke-24, dalam rangka Penyampaian jawaban / tanggapan Pj Bupati Muba terhadap Pemandangan Umum Fraksi – fraksi DPRD Kabupaten Muba, Selasa (20/9/2022).

Rapat yang diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muba tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Muba Sugondo SH serta turut dihadiri para Wakil Ketua dan anggota DPRD Muba, Forkopimda, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Muba, H Musni Wijaya SSos MSi, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah serta insan pers.

Dalam tanggapan Pj Bupati Muba, disampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas tanggapan yang disampaikan, baik berupa apresiasi, kritikan dan saran serta masukan yang disampaikan masing-masing juru bicara fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Muba yang diantaranya Fraksi Golkar, PDI-Perjuangan, Gerindra, PAN, PKB, PKS, Nasdem-Bekarya, Nasional Demokrat dan Fraksi PPI.

Pj Bupati Muba menyampaikan terima kasih atas saran dan masukan dari anggota Dewan yang terhormat dari Fraksi PDI-Perjuangan terhadap prioritas program dan anggaran terhadap peningkatan infrastruktur di desa-desa khususnya dalam wilayah Kecamatan Tungkal Jaya, ke depan akan menjadi prioritas kami untuk pemerataan pembangunan di seluruh wilayah dalam Kabupaten Muba.

"Mengenai Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Muba terus berupaya secara ekstensifikasi dan intensifikasi dalam memaksimalkan peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Muba, sebagai salah satu sumber pendanaan APBD Kabupaten Muba.

Kemudian terhadap saran dan masukan dari Fraksi Partai Golkar yang sifatnya membangun untuk kemajuan Kabupaten Muba, untuk pembangunan jalan TMMD di Kecamatan Lalan yang sudah dibuka melalui program TMMD TNI dan Pemerintah Daerah Tahun 2021 akan dilanjutkan dan ditingkatkan agar jalan tersebut benar-benar berfungsi maksimal dan akan menjadi skala prioritas kami pada tahun-tahun anggaran berikutnya.

"Terhadap optimalisasi pelayanan RSUD Sekayu, Pemkab Muba tetap berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat Muba, dengan mengoptimalkan kinerja RSUD Sekayu dalam memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat terutama peserta BPJS Kesehatan,"ucap Apriyadi.

Lebih lanjut Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini juga menanggapi saran dan masukan dari Fraksi Gerindra terhadap proyeksi belanja mengalami kenaikan sebesar Rp.568.707.331.822, dapat dijelaskan bahwa kenaikan tersebut mengakomodir belanja yang pendanaannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik, Dana Insentif Daerah (DID), Dana Desa APBN, Bantuan Keuangan Bersifat Khusus dari Provinsi Sumatera Selatan dan Penerimaan Pembiayaan (Pembayaran Termin VI) Pembangunan RSUD Sekayu, sumber pendanaan tersebut telah diakomodir melalui Peraturan Bupati Muba Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Bupati Muba Nomor 241 Tahun 2021 tentang Penjabaran APBD Kabupaten Muba Tahun Anggaran 2022 dan juga telah mengakomodir prognosis pendapatan yang bersumber dari Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun 2022.

"Untuk Tahun 2022, Pemkab Muba tidak mengajukan formasi Tenaga Teknis (Operator Komputer) untuk PPPK, Pemkab Muba hanya mengajukan formasi untuk Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan berdasarkan usulan Pj. Bupati Musi Banyuasin Nomor B-800/2014/BKPSDM/2022 tanggal 8 Jull 2022 tentang Usulan Kebutuhan PPPK Tahun 2022,"jelasnya.

Dikatakannya, untuk Pendataan Tenaga Non ASN Pada Tahun 2022 semua jabatan tenaga honorer yang bekerja di Instansi Pemkab Muba (Tenaga Teknis, Tenaga Kesehatan Dan Tenaga Pendidik), sesuai dengan jabatan yang ada pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 41 Tahun 2018, masuk dalam pendataan sebagaimana sesuai dengan persyaratan yang tertera pada Surat Edaran Kementerian PAN-RB.

"Demikianlah jawaban dan penjelasan yang dapat kami sampaikan, untuk menanggapi pemandangan umum fraksi-fraksi Dewan yang terhormat, dalam rangka pembahasan Raperda Tentang Perubahan APBD Kabupaten Muba TA 2022. Kami mengharapkan jawaban/penjelasan ini dapat dimaklumi dan selanjutnya pokok-pokok pikiran, usul dan saran yang disampaikan, akan menjadi perhatian kami sebagai bahan peningkatan kinerja Pemkab Muba,"katanya.[ros]


Komentar Pembaca
Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

KesehatanKamis, 24 November 2022 | 09:10

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

IslamtainmentKamis, 24 November 2022 | 06:40

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Kabar Tanah SuciKamis, 24 November 2022 | 13:40

Anne Ratna Mustika Sebut Dedi Mulyadi Masih Punya Hutang Miliaran
Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Kabar Tanah SuciMinggu, 27 November 2022 | 19:43

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

POLKAMSelasa, 29 November 2022 | 23:50

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

NasionalSelasa, 29 November 2022 | 23:30

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

KajianSelasa, 29 November 2022 | 23:10

Hilman Latief: Penggunaan Nilai Manfaat Dana Haji Perlu Diproporsionalkan
Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Ekonomi SyariahSelasa, 29 November 2022 | 22:26