Hewan Ini Boleh Dibunuh dalam Islam

Inspirasi Islam  SELASA, 20 SEPTEMBER 2022 | 10:15 WIB

Hewan Ini Boleh Dibunuh dalam Islam

Net

Ada hewan yang dapat merugikan dan membahayakan dalam kehidupan manusia. Berikut ini ada 7 hewan yang boleh dibunuh dalam Islam.

Allah Maha Pencipta dan banyak hewan yang dapat dijadikan sumber makanan, namun ada beberapa hewan yang boleh dibunuh dalam Islam.

Inilah 7 hewan yang boleh dibunuh dalam Islam dan sudah dijelaskan di hadits Rasulullah. Salah satu haditsnya adalah berikut ini.

Rasulullah bersabda,”Ada 5 hewan jahat yang boleh dibunuh di tanah haram yaitu burung rajawali, anjing galak, kalajengking dan tikus.” (HR Bukhari dan Muslim).

Diunggah dari Youtube Tafakkur Fiddin Channel, judul “Apa Salahnya? Ternyata 7 Hewan Ini boleh Dibunuh Dalam Islam.”

1. Cicak
Hewan merayap yang sering mengambil makanan di meja makan adalah cicak.

Secara syariat Islam boleh membunuh cicak dan secara medis juga sangat dianjurkan untuk membunuh cicak sebab cicak membawa bakteri Ecoli yang dapat menyebabkan penyakit perut serta gangguan pada pencernaan.

Rasulullah bersabda,”Barangsiapa yang membunuh cicak sekali pukul, maka ditulis baginya pahala 100 kebaikan. Dan barangsiapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama, dan barangsiapa memukulnya lagi maka baginya lebih kurang dari yang kedua.” (HR Muslim)

Aisyah meriwayatkan, Nabi Muhammad menjelaskan bahwa Nabi Ibrahim pada saat dilemparkan ke dalam api oleh Raja Namrud maka ada beberapa hewan yang berusaha memadamkan api kecuali cicak yaitu malah meniup-niup api supaya tidak padam sehingga Rasulullah memerintahkan untuk membunuh cicak.” (HR Ahmad dan An Nasa’i)

Terdapat kisah nyata yaitu Nabi Ibrahim ketika dibakar api oleh raja Namrud, maka para hewan seperti semut-semut yang bersusah payah sambil berlarian membawa butiran air yang ada dimulutnya untuk memadamkan kobaran api yang membakar tubuh Nabi Ibrahim.

Kemudian tindakan cicak yang berusaha membesarkan api dan membakar Nabi Ibrahim dapat menjadi tanda bahwa cicak adalah memusuhi dakwah Islam.

Sebagaimana Rasulullah bersabda,”Dahulu cicak ikut meniup api Nabi Ibrahim Alaihissalam.” (HR Bukhari)

2. Ular
Hewan yang boleh dibunuh dalam Islam adalah ular. Hewan yang mempunyai karakter membahayakan adalah hewan ular.

Ular selain berbisa, mempunyai racun yang dapat mematikan dan sering dipakai mediasi dalam ilmu sihir, santet serta ilmu hitam lainnya.

Rasulullah bersabda,”Bunuhlah ular-ular berbisa, ular-ular berbelang dua dan ular yang ekornya terputus sebab keduanya dapat menggugurkan kandungan dan membutakan mata.” (HR Muslim)

Dalam riwayat lain, Rasulullah bersabda yang artinya,”Sesungguhnya ada ular-ular yang berada di rumah-rumah, jika kalian melihat satu dari mereka. Maka buatlah peringatan padanya 3 kali jika pergi maka biarkan dan bila tidak mau pergi maka bunuhlah sebab dia itu kafir.” (HR Muslim)

3. Burung gagak
Hewan yang boleh dibunuh dalam Islam yaitu burung gagak. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah bersabda:

“Ada 5 hewan yang membahayakan dan boleh dibunuh ditempat halal dan haram yaitu ular, burung gagak yang berwarna belang-belang, tikus, anjing yang suka menggigit dan burung hudaya (sejenis Rajawali).” (HR Muslim)

4. Anjing buas
Hewan yang boleh dibunuh dalam agama Islam yaitu anjing galak. Air liur atau ludah anjing mengandung najis dan banyak membawa kuman penyakit seperti rabies.

Anjing hitam yang berwarna hitam polos adalah jenis anjing yang disunnahkan untuk dibunuh sebab setan amat suka menjelma menjadi anjing yang berwarna hitam polos dan menyebarkan fitnah dimana-mana. Maka anjing yang sering menggigit manusia dibolehkan dalam Islam untuk dibunuh.

Sebagaimana Rasulullah bersabda,”ada 5 hewan yang semuanya membahayakan dan boleh dibunuh di tanah haram seperti tikus, kalajengking, burung rajawali, burung gagak, anjing buas.” (HR Muslim)

5. Burung rajawali
Hewan yang boleh dibunuh menurut Islam adalah burung rajawali. Hewan yang dapat merugikan manusia adalah burung rajawali sebab suka makan hewan ternak seperti ayam.

6. Tikus
Hewan yang boleh dibunuh menurut Islam adalah hewan tikus yang menjijikkan serta membawa kuman penyakit. Rasulullah bersabda:

“Apabila kalian hendak tidur, matikanlah lampu atau lentera api kalian, sesungguhnya setan menunjuki tikus apa yang seperti ini hingga api membakar kalian.” (HR Abu Daud)

7. Kalajengking
Hewan yang boleh dibunuh dalam Islam adalah kalajengking. Kecenderungan untuk mengganggu manusia dengan sengatan yang sangat menyakitkan adalah hewan kalajengking.

Rasulullah bersabda,”Ada 5 hewan jahat yang boleh dibunuh di tanah haram yaitu burung rajawali, anjing galak, kalajengking dan tikus.” (HR Bukhari dan Muslim). [Irm]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55

PC Sering Pergi dengan Brigadir J, Sambo Selalu Pulang Malam
Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Kabar Tanah SuciMinggu, 27 November 2022 | 19:43

Anne Ratna Mustika Sebut Dedi Mulyadi Masih Punya Hutang Miliaran
Lho... Komaruddin Tidak Ingin Ferdy Sambo Dihukum Mat

Lho... Komaruddin Tidak Ingin Ferdy Sambo Dihukum Mat

HukumMinggu, 27 November 2022 | 12:05

 Mauna Loa, Gunung Api Terbesar di Dunia Meletus

Mauna Loa, Gunung Api Terbesar di Dunia Meletus

InternasionalKamis, 01 Desember 2022 | 12:50

Menguatkan Dua Sisi Iman

Menguatkan Dua Sisi Iman

KajianJumat, 02 Desember 2022 | 19:00

OJK: Jaminan Kesejahteraan Masyarakat di Perbankan Syariah Lebih Baik

OJK: Jaminan Kesejahteraan Masyarakat di Perbankan Syariah Lebih Baik

Ekonomi SyariahJumat, 02 Desember 2022 | 18:30

Ditolak RS Inggris, Bocah Muslim Meninggal 10 Hari Kemudian

Ditolak RS Inggris, Bocah Muslim Meninggal 10 Hari Kemudian

InternasionalJumat, 02 Desember 2022 | 18:00

Innalillahi..Mantan Menteri ATR Meninggal di Basement Hotel Bidakara
Laksamana Yudo: 1991 Saya Sudah Bersatu dan Solid dengan Polri