Patut Dicontoh! Cara Diet Sehat Ala Rasulullah

Inspirasi Islam  SENIN, 19 SEPTEMBER 2022 | 12:40 WIB

Patut Dicontoh! Cara Diet Sehat Ala Rasulullah

Net

Untuk mendapatkan tubuh bugar dan jauh dari penyakit, diet yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bisa dicontoh. Menerapkan pola makan sehat, diet ala Rasulullah juga mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Sebagai suri teladan yang baik bagi umat Muslim, meniru gaya diet sehat Nabi Muhammad SAW juga mengandung banyak amalan yang dapat mendatangkan segudang pahala.

Baginda Rasulullah mengajarkan kepada umatnya bahwa makanan merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, pola makan harus diatur dengan baik mulai dari porsi dan jenisnya.

Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa kunci hidup sehat yaitu dengan tahu batas dalam mengonsumsi makanan, yaitu perut diisi dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga nafas.

Dengan menerapkan pola makan sehat tersebut membuat Rasulullah SAW hanya mengalami sakit sebanyak dua kali semasa hidupnya.

Cara Diet Sehat ala Nabi Muhammad SAW

Dalam Islam, diet bukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, melainkan lebih ke kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit. Untuk itu, diet ala Rasulullah SAW bisa menjadi pilihan tepat yang patut kamu teladani.

Lalu, seperti apa cara diet sehat yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW selama hidupnya? Berikut lima di antaranya seperti yang dikutip dari beberapa sumber.

1. Mengonsumsi Makanan Organik

Kekasih Allah SWT merupakan seseorang yang sangat sederhana soal jenis makanan yang dikonsumsi sehari-harinya. Selain buah kurma, Rasulullah SAW juga menyukai tharid, yaitu hidangan daging yang dimakan dengan roti.

Tak hanya itu, Nabi Muhammad SAW juga tidak pernah lupa untuk mengonsumsi sayuran labu dan mentimun serta minum susu kambing. Semua jenis makanan yang dimakan Rasulullah adalah makanan organik dari hasil kebun yang tidak melewati proses pengolahan panjang.

2. Mengatur Porsi Makan

Diketahui Rasulullah tidak suka makan secara berlebihan. Pasalnya, hal tersebut dapat mengganggu sistem pencernaan seperti mual, perut begah, hingga obesitas.

Dari Aisyah RA, “Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Jika sudah makan roti, beliau tidak akan makan kurma.”

Bahkan, Nabi Muhammad SAW selalu berhenti makan sebelum perutnya terasa kenyang. Dengan begitu, Rasulullah akan terhindar dari rasa kenyang berlebih yang membuat tubuhnya sulit bergerak.

Seperti halnya yang tertuang pada HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim, Rasulullah bersabda, “Cukuplah bagi seorang anak (cucu) Adam beberapa suap makanan yang dapat menegakkan punggungnya. Jika dia harus makan, hendaklah sepertiga (dari perutnya) untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk udara.”

3. Cara Diet Sehat ala Rasulullah SAW dengan Puasa

Sebagaimana yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasalah niscaya kalian akan sehat.” Hal itulah yang selalu dilakukan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. Selain dapat membuat tubuh sehat, puasa juga mendatangkan pahala.

Pasalnya, dengan berpuasa maka sistem pencernaan akan beristirahat mencerna makanan sehingga tubuh memproses sisa makanan dan racun dengan lebih baik. Tak hanya itu, puasa juga mengajarkan kita untuk melatih kesabaran.

4. Makan 7 Butir Kurma

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kurma merupakan makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW. Bahkan buah ini sangat direkomendasi sebagai makanan berbuka puasa.

Bukan tanpa sebab, kurma termasuk salah satu jenis buah yang memiliki kandungan gula alami sehingga dapat lebih mudah diserap oleh tubuh. Rasulullah bahkan mengonsumsi buah kurma dalam jumlah ganjil yaitu tujuh butir dalam kehidupan sehari-harinya.

5. Rutin Olahraga

Selain mengatur pola makan, Rasulullah juga selalu menyempatkan diri untuk melakukan olahraga ringan. Bahkan, dalam sejumlah hadist dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah lomba lari dengan istri tercintanya, Aisyah RA.

Tak hanya itu, Rasulullah juga kerap melakukan berbagai jenis olahraga seperti lari, berjalan cepat, berenang, memanah, dan berkuda. Hal itu dilakukan untuk membuat tubuhnya senantiasa sehat dan bugar.

Nah, itu dia cara diet sehat Nabi Muhammad SAW yang sangat patut kamu teladani agar tubuh terbebas dari berbagai jenis penyakit. Jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu untuk melakukan olahraga rutin setiap hari seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. [Irm]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55