Akan ke Indonesia, Al Rabiah Diminta Naikkan Kuota Haji

Kabar Tanah Suci  KAMIS, 15 SEPTEMBER 2022 | 11:00 WIB

Akan ke Indonesia, Al Rabiah Diminta Naikkan Kuota Haji

Indonesia, negara dengan mayoritas Muslim di dunia. Indonesia membahas peningkatan kuota haji tahun depan dengan Menteri Haji dan Umrah Tawfiq Al-Rabiah Saudi selama kunjungan resminya pada Bulan Oktober.

Salah satu dari lima Rukun Islam, haji dibatasi karena ketakutan pandemi hanya 1.000 orang yang tinggal di Arab Saudi pada tahun 2020. Pada tahun 2021, Kerajaan membatasi jamaah menjadi 60.000 peserta domestik, dibandingkan dengan 2,5 juta sebelum pandemi.

Arab Saudi menyambut lebih dari 1 juta jamaah haji dari luar negeri tahun ini setelah mencabut sebagian besar pembatasan COVID-19, dengan lebih dari 100.000 berasal dari Indonesia.

Pejabat Indonesia berharap untuk mendapatkan peningkatan kuota haji tahun depan dan akan membahas masalah tersebut ketika Al-Rabiah mengunjungi Jakarta.

“Presiden menginginkan jawaban yang jelas terkait kemungkinan penambahan kuota haji tahun depan,” kata Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, seperti dilansir dari Arab News, Kamis (15/9/2022).

Pada 2019, kuota jemaah haji Indonesia sekitar 220.000, lebih dari dua kali lipat jumlah tahun ini. Beberapa orang Indonesia telah berada dalam daftar tunggu untuk melakukan haji selama lebih dari 30 tahun.

Kementerian telah mengajukan permintaan untuk menaikkan kuota awal bulan ini, dan sedang menunggu pemerintah Saudi untuk mengumumkan keputusan mereka.

Duta Besar Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi mengatakan ini akan menjadi kunjungan resmi pertama Al-Rabiah ke negara Asia Tenggara itu.

“Kami berharap kunjungan Menteri Haji dan Umrah Saudi ini mendapat sambutan khusus dan berjalan lancar, dan tentunya dalam kunjungan ini akan dibahas penambahan kuota jemaah haji Indonesia,” kata Al-Thaqafi. seperti yang dikatakan.

Indonesia juga berharap dapat membahas cara-cara untuk meningkatkan pengalaman haji selama kunjungan Al-Rabiah, kata Konjen RI di Jeddah Eko Hartono kepada Arab News.

“Kami menyambut baik (kunjungan itu) karena mencerminkan kedekatan hubungan kami dan pentingnya Indonesia di mata Saudi dalam urusan haji,” kata Hartono. “Apalagi Indonesia yang paling banyak mengirimkan jemaah haji.”

“Harapan kami melalui kunjungan tersebut, jemaah haji tahun 2023 akan lebih siap lagi, tidak hanya dari pihak Saudi sebagai tuan rumah tetapi juga dari Indonesia dan negara-negara lain yang akan mengirimkan jemaah haji.”[ros]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55