Ribuan Buruh akan Desak DPR Turunkan Harga BBM

POLKAM  SELASA, 06 SEPTEMBER 2022 | 10:48 WIB

Ribuan Buruh akan Desak DPR Turunkan Harga BBM

Menyikapi rencana ribuan buruh akan menggelar protes atas kenaikan harga BBM hari ini, Selasa (6/9/2022), sedikitnya 3000 aparat keamanan diterjunkan di kawasan Gedung MPR-DPR-DPD, Jakarta Pusat.

Hal itu dikatakan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin pagi ini, di mana ia menyebutkan bahwa penutupan jalan baru akan dilakukan jika jumlah massa aksi sudah berdampak ada arus lalu lintas di sekitar lokasi.

Sementara itu, Presiden Partai Buruh yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal memengatakan bahwa ribuan akan turun ke jalan hari ini.  Seperti prediksinya pekan lalu, pagi ini ia menyebut peserta demo puluhan ribu dan dilakukan serentak di 34 provinsi.

Ia mengaku, aksi ini diorganisir Partai Buruh dan organisasi serikat buruh, petani, nelayan, guru honorer, PRT, buruh migran, miskin kota, dan organisasi perempuan di 34 provinsi. Aksi serentak akan dilakukan di kantor gubernur.

Massa, menurut Said Iqbal, bertujuan mendesak gubernur mengirim surat rekomendasi kepada presiden dan pmpinan DPR RI agar membatalkan kenaikan harga BBM.

Ditanya jumlah peserta demo di Jakarta, ia menyebut angka 3000-5000 buruh. Mereka akan mendesak Anggota DPR RI membentuk Panitia Kerja (Panja) atau Panitia Khusus (Pansus) Penurunan Harga BBM.

Pihaknya juga, lanjutnya, akan menyampaikan protes lain-lainnya. Pertama menyampaikan penolakan terhadap Omnibus Law UU Cipta Kerja. Kedua meminta kenaikan upah minimum kabupaten/kota 10-13 persen.[ros]


Komentar Pembaca