Wanita Korsel Rata-rata Melahirkan 0,81 Anak per Tahun

Internasional  JUMAT, 26 AGUSTUS 2022 | 14:00 WIB

Wanita Korsel Rata-rata Melahirkan 0,81 Anak per Tahun

Korea Selatan (Korsel) kembali mencatat tingkat kesuburan (fertilitas) terendah di dunia. Angka tingkat fertilitas itu kini di titik terendah, sejak pertama kali turun lebih rendah dari satu anak per wanita pada 2018.

Namun pada hari Rabu, angka yang dikeluarkan oleh pemerintah menunjukkan angka tersebut telah turun menjadi 0,81 — turun tiga poin dari tahun sebelumnya, dan penurunan keenam berturut-turut.

Sebagai perbandingan, angka rata-rata di negara-negara paling maju di dunia adalah 1,6 anak.

Negara membutuhkan setidaknya dua anak per pasangan — tingkat 2,1 — untuk menjaga populasi mereka pada ukuran yang sama, tanpa migrasi.

Tingkat kesuburan telah "menurun tajam" dalam enam dekade terakhir, kata Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Namun tren tersebut sangat menonjol di Korea Selatan, di mana jumlah keluarga telah berkurang dalam rentang beberapa generasi. Pada awal tahun 1970-an, wanita rata-rata memiliki empat anak.

Populasi yang menurun dapat menempatkan suatu negara di bawah tekanan besar. Terlepas dari peningkatan tekanan pada pengeluaran publik karena permintaan untuk sistem perawatan kesehatan dan pensiun meningkat, populasi kaum muda yang menurun juga menyebabkan kekurangan tenaga kerja yang berdampak pada perekonomian.

Pada tahun 2020, ada kekhawatiran yang meluas di Korea Selatan ketika mencatat lebih banyak kematian daripada kelahiran untuk pertama kalinya.

Dalam beberapa tahun terakhir, tekanan ekonomi dan faktor karir telah menjadi pertimbangan utama bagi orang-orang yang memutuskan untuk memiliki anak, kata para ahli.

Untuk angka tahun 2021, para ahli menyebutkan biaya hidup yang lebih tinggi, lonjakan harga rumah dan dampak pandemi Covid sebagai faktor yang membuat mereka enggan memiliki anak. [ros]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55