Masjid Agung Baitul Ma'mur Simbol Wisata Religi di Anambas, Megah dan Menghadap Laut

Inspirasi Islam  JUMAT, 19 AGUSTUS 2022 | 10:45 WIB

Masjid Agung Baitul Ma'mur Simbol Wisata Religi di Anambas, Megah dan Menghadap Laut

net

Ada wisata religi yang beragam di Kepulauan Anambas, tak melulu soal pulau indah dan terumbu karang yang bagus. Berkunjung ke Tarempa misalnya, bangunan besar akan terlihat dari kejauhan sebelum masuk ibu kota kabupaten itu.

Bangunan besar dan megah yang berada di pinggir laut itu merupakan Masjid Agung Baitul Ma'mur. Masjid ini jadi salah satu landmark baru yang tersohor di Kepulauan Anambas dan menjadi simbol keragaman budaya masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Siantan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Anambas Effi Sjuhari, Masjid Agung Baitul Ma'mur ini mulai dibangun pada 2017 dan diresmikan pada tahun 2020 lalu oleh Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian.

"Masjid indah ini kemudian jadi simbol wisata religi di Kepulauan Anambas dan sering kita jadikan sebagai pusat acara keagamaan baik lokal maupun nasional," jelasnya kepada Tim Tapal Batas detikcom beberapa waktu lalu.

Diketahui, lokasi masjid tersebut berada di ujung Jalan Selayang Pandang (SP) tepat di samping ikon wisata Batu Tompak Tiga. Untuk menuju masjid ini dari pusat Kota Tarempa memakan waktu tempuh 5 menit menggunakan kendaraan roda dua atau 15-20 menit berjalan kaki.

Masjid ini memiliki satu kubah besar berwarna hijau dengan empat menara berwarna putih yang di atasnya ada ornamen kecil berwarna hijau keemasan. Hal ini membuat Masjid ini sangat megah dilihat dari berbagai sudut.

Selain itu, dinding luar bercat putih dengan berbagai ornamen coklat, puluhan jendela berwarna hitam dengan ornamen putih serta atapnya yang berwarna hijau menjadi perpaduan yang sangat indah.

Sedangkan di luar masjid dekat tangga lantai 2 sebelum masuk ke dalam, ada 2 tempat wudhu yang tampak baru. Di lantai 1, masih juga banyak beberapa ruang kosong yang masih belum di alih fungsikan.

Masuk ke dalam Masjid Agung Baitul Ma'mur, detikTravel melihat ada 6 pilar yang memperkokoh bangunan masjid ini, serta di arah kiblat dihiasi tiga tulisan kaligrafi Allah, Muhammad dan bacaan Syahadat. Masjid ini pun terdiri dari 2 lantai utama yang bisa menampung hingga 5.000 jemaah.

Sekedar diketahui, semenjak Masjid Agung Baitul Ma'mur Anambas berdiri, area sekitar di luar masjid ramai sekali dikunjungi oleh pengunjung yang mengabadikan momen bersama keluarga atau teman untuk sekedar berswafoto atau menikmati keindahan alam sekitar.

Hal ini wajar, sebab salah satu sudut Masjid Agung Baitul Ma'mur Anambas ini langsung menghadap ke laut lepas sehingga saat sore sesudah salat ashar, ramai pengunjung yang menghabiskan waktu di sekitar masjid, mereka bersenda gurau sambil melihat matahari sore terbenam. [irm]


Komentar Pembaca
Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Ahad, 02 Oktober 2022 | 09:05

Hukum Kdrt Menurut Islam

Hukum Kdrt Menurut Islam

Jumat, 30 September 2022 | 13:05