Tidak Melulu Harus Minum Obat, Ini Cara Alami Atasi Sakit Perut

Kesehatan  JUMAT, 19 AGUSTUS 2022 | 08:15 WIB

Tidak Melulu Harus Minum Obat, Ini Cara Alami Atasi Sakit Perut

Net

Sakit perut adalah istilah umum yang dipakai untuk mendeskripsikan rasa nyeri tumpul pada abdomen atau kram perut. Salah satu bentuk rasa sakit yang dikeluhkan selain kram adalah sensasi perut melilit.

Pada umumnya, Anda bisa mengobati sakit perut ini dengan mudah bahkan secara alami dan bisa dilakukan di rumah. Simak penjelasan obat sakit perut berikut ini seperti yang telah dikutip dari berbagai sumber:

1. Air Hangat

Mendapatkan kehangatan bisa menjadi cara untuk mengatasi sakit perut. Cobalah mandi dengan air hangat untuk melemaskan otot perut yang menegang.

Selain itu, Anda bisa menggunakan kantong pemanas dan menempelkannya pada perut selama kurang lebih 20 menit. Rasa hangat dari kantong pemanas dapat membantu meringankan rasa mual dan sakit di perut.

2. Daun Mint

Kandungan mentol pada daun mint berperan sebagai analgesik alami yang dapat mengurangi rasa perih di perut dan mengurangi mual.

Anda bisa meminum daun mint yang diseduh dengan air putih hangat atau teh hangat.
Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengisap permen mint atau mengunyah daunnya secara langsung.

3. Teh Kamomil (chamomile)

Bagian bunga kamomil yang memiliki warna khas putih dan kuning kerap dijadikan campuran untuk membuat teh kamomil. Obat sakit perut alami ini juga dapat menenangkan saraf dan punya wangi aromaterapi yang bikin pikiran jadi lebih rileks, cocok banget sebagai pereda nyeri perut.

4. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan mampu meredakan rasa nyeri ketika dikonsumsi. Gunakanlah potongan jahe segar yang diparut halus kemudian tambahkan ke dalam segelas teh hangat untuk menikmati khasiatnya dengan maksimal.

5. Air Garam

Bahan-bahan alami yang ada di dapur bisa dipakai sebagai obat sakit perut, salah satunya garam. Anda bisa menggunakan air garam untuk meredakan gangguan tenggorokan dan sakit perut.

Cara buatnya juga mudah, tambahkan 1 sendok teh garam dapur ke dalam 1 cangkir air hangat, aduk merata, lalu teguk hingga habis.

6. Air Lemon

Lemon sebenarnya bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit perut. Di balik sifatnya yang sangat asam, lemon justru mampu membantumu dalam momen kesulitan mencerna makanan.

Mengonsumsi lemon justru akan merangsang produksi asam yang membantu memecah makanan dalam perut. Caranya, peras setengah lemon dan campur ke dalam segelas air hangat lalu tambah sedikit gula atau madu untuk kemudian dikonsumsi.

7. Cuka Apel

Cuka sari apel sudah dikenal sebagai obat alami pilihan para penderita sakit perut sejak jauh-jauh hari. Cuka sari apel mampu menyembuhkan sakit perut karena kemampuannya dalam membersihkan kotoran di usus dan juga menjaga pencernaan dari gangguan kesehatan.

Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok cuka sari apel dengan air putih dan satu sendok madu. Lalu, minuman ramuan tersebut secara perlahan-lahan. [Irm]


Komentar Pembaca
Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Ahad, 02 Oktober 2022 | 09:05

Hukum Kdrt Menurut Islam

Hukum Kdrt Menurut Islam

Jumat, 30 September 2022 | 13:05