Anda Penderita Diabetes? Ini 10 Camilan yang Aman Dikonsumsi Sebelum Tidur

Kesehatan  KAMIS, 18 AGUSTUS 2022 | 17:00 WIB

Anda Penderita Diabetes? Ini 10 Camilan yang Aman Dikonsumsi Sebelum Tidur

foto/net

Penderita diabetes harus selalu bisa menjaga kadar gula darah atau glukosa mereka agar selalu normal. Maka menjaga kadar gula darah menjadi kewajiban yang harus dilakukannya. 

Rahasia kadar glukosa puasa yang rendah, terletak pada pemilihan camilan yang dimakan sebelum tidur yang tepat. 

Camilan yang baik untuk penderita diabetes, harus menahan rasa lapar di malam hari sambil mengatur kadar gula darah dan tidak menyebabkan lonjakan yang berbahaya. Lantas, apa saja camilan sebelum tidur yang terbaik untuk mengontrol diabetes? 

Berikut 10 Camilan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes Sebelum Tidur, seperti dikutip dari laman Phablecare.com: 

1. Kacang

Kacang kaya akan vitamin E, mineral seperti magnesium dan fosfor, serat, dan lemak sehat seperti asam lemak Omega-3.

Kacang tanah, almond, dan kenari adalah salah satu camilan terbaik untuk penderita diabetes.  Kandungan seratnya membuat Anda kenyang lebih lama. Magnesium mengatur kadar gula darah dan meningkatkan kualitas tidur. 


2. Popcorn 

Popcorn ber-udara rendah kalori, aman untuk mengelola kadar gula darah tinggi. Popcorn yang dibubuhi udara adalah camilan yang baik untuk penderita diabetes. Tingkat rendah kalori dan kandungan serat esensialnya membantu mengontrol penambahan berat badan. Namun, hindari popcorn kemasan atau rasa yang mengandung lemak trans dan pengawet yang tidak sehat. 


3. Telur 

Telur Rebus Kaya akan protein, telur rebus sangat bagus untuk menjaga kadar glukosa. Telur juga rendah kalori, karbohidrat, dan GI, membuatnya ideal untuk penderita diabetes. Telur rebus mengatur kadar glukosa dan membuat Anda kenyang lebih lama. 

Oleh karena itu, mereka adalah camilan sehat bergizi, sehat untuk jantung, dan bebas gula untuk penderita diabetes. 


4. Apel 

Apel kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin C. Apel mengandung gula alami, yang tidak memengaruhi kadar glukosa. Apel adalah makanan ringan sebelum tidur yang baik. Kandungan seratnya yang tinggi membuat Anda kenyang lebih lama, memastikan tidur nyenyak dan kadar gula puasa rendah. Apel juga membantu mengurangi resistensi insulin, sehingga mengontrol kadar gula pada penderita diabetes. 


5. Irisan Wortel dan Mentimun 

Sayuran non tepung ini rendah lemak, kalori, dan karbohidrat dan tinggi antioksidan, serat, vitamin, dan mineral. Kandungan serat yang tinggi membuat Anda kenyang lebih lama, membantu pencernaan, dan meningkatkan kesehatan usus.


6. Buncis 

Panggang Buncis (chana) kaya akan protein dan serat. Buncis panggang untuk penderita diabetes adalah camilan sehat sebelum tidur yang sangat baik, karena kandungan serat dan proteinnya membantu menjaga kadar glukosa puasa. Konsumsi secara teratur bisa menurunkan kadar glukosa secara signifikan. 


7. Selai Kacang dengan Roti Multigrain 

Selai kacang kaya akan protein, lemak sehat, serat, dan nutrisi. Roti multigrain, terbuat dari tepung yang berbeda, bukan tepung olahan, memiliki GI rendah dan serat tinggi. Selai kacang tanpa gula dan minyak terhidrogenasi adalah camilan malam yang baik. Oleskan pada sepotong roti multigrain panggang untuk mencegah rasa lapar di malam hari. 


8. Alpukat 

Alpukat kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Mereka adalah sumber protein, serat, vitamin E, magnesium, vitamin B6, dan vitamin C.

Kandungan seratnya yang tinggi bisa mencegah lonjakan gula darah di pagi hari. Namun, pertahankan porsi yang lebih kecil, karena alpukat tinggi kalori. 


9. Yoghurt dan Berries 

Buah beri kaya akan antioksidan dan serat. Yoghurt mengandung protein, vitamin B12, kalsium, dan fosfor yang tinggi. Yoghurt dan beri adalah camilan malam berprotein tinggi yang lezat. 

Serat dalam buah beri memperlambat pencernaan, sedangkan probiotik dalam yogurt mempertahankan kadar glukosa rendah. 


10. Biji-bijian 

Bunga matahari, labu, dan biji wijen kaya akan lemak sehat, protein, serat, dan vitamin. Biji-bijian ini adalah camilan bebas gula yang bagus untuk penderita diabetes. Nutrisi, serat, dan senyawa tanaman dalam biji ini mengontrol kadar glukosa dan mengurangi risiko peradangan. Asam lemak Omega-3 dan Omega-6 memberikan lemak sehat. [mt]

 


Komentar Pembaca