Pimpin Upacara HUT ke-77 RI, Anies: Terima Kasih kepada Semua Elemen Masyarakat

BERITA  RABU, 17 AGUSTUS 2022 | 19:00 WIB

Pimpin Upacara HUT ke-77 RI, Anies: Terima Kasih kepada Semua Elemen Masyarakat

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Foto:Deman.Moeslimchoice

Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar upacara memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Rabu pagi (17/8/2022). Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan dihadiri oleh seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dan Forkopimda DKI Jakarta.

Pada kesempatan tersebuti, Gubernur Anies menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Jakarta, Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkopimda, para tokoh agama dan masyarakat, pejuang Kemerdekaan dan Veteran, seniman dan Budayawan, Pimpinan Lembaga Sosial Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Rekan-Rekan Media, para pegiat Media Sosial, Aparat Keamanan TNI/POLRI, seluruh Perangkat Daerah, Petugas PPSU, unsur Kecamatan dan Kelurahan, anggota Tim Penggerak PKK, anggota Dasawisma, hingga RT/RW yang tidak pernah berhenti mengabdi untuk Jakarta.

"Terima kasih kepada semua elemen masyarakat. Karena, kemerdekaan Republik Indonesia dinyatakan bukan oleh satu/dua orang atau oleh sekelompok orang yang terdidik, tapi oleh seluruh komponen bangsa. Untuk itu, ketika kita pada hari ini memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, ingatlah bahwa ini adalah perjuangan seluruh bangsa Indonesia. Kita yang saat ini berdiri di tempat ini punya tanggung jawab untuk menuntaskan janji kemerdekaan yaitu melindungi segenap tumpah darah Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum serta keadilan untuk semua warga," kata Gubernur Anies seperti dikutip dari siaran pers PPID, Rabu (17/8/2022). 

HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini mengambil tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat". Oleh karena itu, Gubernur Anies menjelaskan bahwa selama dua tahun ini, khususnya Jakarta, berjuang bersama menghadapi tantangan dan ujian yang berat dalam menghadapi pandemi COVID-19. 

"Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Kalimat ini mengingatkan kita dari peristiwa yang kita hadapi selama dua tahun ini. Kita berjuang bersama menghadapi tantangan dan ujian yang berat. Maka dari itu, dalam meringankan beban masyarakat yang membutuhkan, Pemprov DKI Jakarta konsisten mengedepankan prinsip keadilan untuk warganya, seperti yang tertuang pada tema perayaan tahun ini," tuturnya.

Gubernur Anies juga mengungkapkan, prinsip keadilan yang diterapkan di Jakarta adalah bagaimana membahagiakan warga secara sistematis dan berkelanjutan. Hal ini mengingat Jakarta selama ini adalah rumah bagi semua kalangan maupun semua suku yang ada di Indonesia dan sebagai barometer Nasional.

"Jakarta adalah rumah bagi semua. Karenanya, aspek keadilan, kesetaraan dan pembangunan yang berkelanjutan menjadi perhatian. Melalui penetapan PBB-P2 tahun 2022 ini, kami menunjukkan bahwa instrumen pajak tidak semata sebagai sumber pendapatan, sekaligus sebagai instrumen yang digunakan untuk menghadirkan rasa keadilan untuk warga," ungkap Gubernur Anies.

Di samping itu, Gubernur Anies juga menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta berupaya untuk memulihkan sektor perekonomian, sekaligus memfokuskan perbaikan di seluruh sektor Lainnya. Sehingga, kemerdekaan Republik Indonesia bisa diartikan sebagai momen kebahagiaan bagi seluruh warga, khususnya di Jakarta.

"Sekali lagi, selamat memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Marilah kita bulatkan dan satukan tekad untuk bersama-sama mewujudkan pemulihan bangsa yang lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Merdeka!" pungkas Gubernur Anies. [mt]

 

 


Komentar Pembaca
Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Ahad, 02 Oktober 2022 | 09:05

Hukum Kdrt Menurut Islam

Hukum Kdrt Menurut Islam

Jumat, 30 September 2022 | 13:05