Menag Yaqut Sebut 89 Jemaah Haji 2022 Meninggal Dunia

Kabar Tanah Suci  SENIN, 15 AGUSTUS 2022 | 13:45 WIB

Menag Yaqut Sebut 89 Jemaah Haji 2022 Meninggal Dunia

net

Rangkaian haji 2022 sudah hampir tuntas, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut ada puluhan jemaah yang wafat.

"Yang wafat sampai tadi malam saya cek ada 89, jemaah yang wafat," kata Yaqut di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (15/8/2022).

Yaqut menjelaskan kalau saat ini tinggal kloter petugas haji yang belum pulang. Rencananya mereka akan kembali ke Tanah Air pada Selasa (16/8/2022) besok.

Menurutnya, penyelenggaraan ibadah haji pada 2022 sudah berjalan dengan baik. Kendati begitu, ia tidak menampik ada kekurangan dalam proses penyelenggaraan.

Ia lantas mencontohkan kekurangan yang dimaksud ialah masih adanya kurang koordinasi antara petugas. Semisal ketika ada jemaah yang tersesat, Yaqut menilai komunikasi antara petugas satu dengan petugas lainnya masih kurang sehingga pertolongan menjadi agak lambat.

Selain itu, lambannya respon dari petugas membuat keterlambatan akan datangnya katering yang bakal diberikan kepada jemaah.

"Ini kemudian tidak cepat ketemu solusinya antara petugas kami dengan penyediaan katering, ada hal teknis kecil-kecil tapi semuanya bisa diselesaikan jadi begitu saja sebenarnya," ujarnya.

Meskipun ada kekurangan, secara garis besar Yaqut menilai penyelenggaraan ibadah haji pada 2022 berjalan dengan baik.

"Biasanya masalah itu banyak muncul di Arafah dan Mina tapi kemarin alhamduillah di Arafah dan Mina juga Muzdalifah bisa diselesaikan dengan baik semua proses dengan baik." [irm]


Komentar Pembaca