Gandeng PT Pos Indonesia, Pemkot Jaktim Gelar Pelatihan Digital Marketing

BERITA  SELASA, 09 AGUSTUS 2022 | 22:30 WIB | Deman

 Gandeng PT Pos Indonesia, Pemkot Jaktim Gelar Pelatihan Digital Marketing

foto:Deman.Moeslimchoice

Sudin Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Jakarta Timur, bekerjasama dengan PT Pos Indonesia menggelar pelatihan digital marketing. Pelatihan yang diikuti oleh 50 peserta tersebut, digelar di aula gedung Blok C, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Selasa (9/8/2022). 

Para peserta merupakan Jakpreneur binaan unit PPKUKM. Dengan tambahan jumlah peserta yang sudah mengikuti pelatihan tahun 2022 ini, keseluruhan kini jumlah peserta pelatihan sebanyak 1.620 Jakpreneur, baik dari sektor kuliner maupun non kuliner.

Menurut Kasudin PPKUMKM, Parulian Tampubolon, tujuan diadakannya pelatihan ini, tak lain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan memotivasi, agar tetap bertahan sekalipun menurunnya daya beli dan daya konsumsi masyarakat di awal perbaikan ekonomi setelah diterpa pademi covid -19.

"Ini tentunya menjadi peluang semakin meningkatnya pertumbuhan perekonomian masyarakat. Pemerintah hadir untuk memotivasi dan memberikan keyakinan kepada para pelaku UMKM untuk tetap bertahan di tengah semakin menurunnya daya beli dan daya konsumsi masyarakat," kata Kasudin PPKUKM Jakarta Timur, Parulian Tampubolon.

Pelatihan yang bersifat soft skill, yang juga dihadiri Executive General Manager PT. Pos Indonesia KCU Jakarta Premier, Pramono Djati Sumartono itu, diharapkan dapat menjembatani pelaksanaan kolaborasi antara pelaku UMKM dengan perusahaan maupun kampus. 

Kemudian juga bisa berkoordinasi dengan perbankan terkait relaksasi permodalan, relaksasi perijinan dan pemberian izin usaha mikro (IUMK) secara gratis. Di sisi lain, PPKUKM juga ikut membantu dalam memfasilitasi kerjasama dengan operator daring, serta mendorong pengembangan koperasi yang beranggotakan para pelaku UMKM.

Para peserta pelatihan berasal dari 10 kecamatan di Jakarta Timur. Dengan adanya pelatihan dan kerjasama dengan pihak PT Pos Indonesia, para pelaku usaha, dalam hal ini UMKM dapat mengembangkan bisnis mereka. 

Apalagi PT Pos kini merambah bisnis digital dan memiliki aplikasi pembayaran secara online untuk tagihan listrik, PDAM, telepon, PBB, pulsa dan lain sebagainya.

"Saat ini, PT Pos Indonesia telah merambah bisnis digital. Melalui pelatihan ini masyarakat, atau pelaku usaha diajak untuk terus berkembang. Ke depan, mereka bisa menjadi mitra usaha PT Pos," ungkap Kasi Koperasi dan UKM Sudin PPKUKM Jakarta Timur, Rico E Rifai. [mt] 

 

 


Komentar Pembaca