TNI Jajal Senjata Baru di Latgabma SGS 200 Sumsel

Daerah  SELASA, 09 AGUSTUS 2022 | 18:08 WIB | Rahmad Romli

TNI Jajal Senjata Baru di Latgabma SGS 200 Sumsel

moeslimchoice

 Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku cukup puas dengan pelaksanaan latihan Hirain/C-Rain Latma Garuda Shield-16/2022 dalam rangka Super Garuda Shield 2022 Matra Udara yang digelar di Martapura Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan selama dua pekan.

Dikatakan Jenderal Andika,  hari ini merupakan hari bersejarah bagi TNI karena untuk pertama kalinya interaksi cepat yaitu menggunakan senjata angkatan darat artileri medan sistem canon bersama prajurit Amerika Serikat.

"Pertama kalinya kita lalukan interaksi cepat senjata angkatan darat artileri dengan kaliber 155 mm dengan berat 18,4 ton di pindahkan secara mobile kedalam pesawat hercules C30 dan melakukan manuver bersama prajurit Amerika Serikat yang menggunakan sistem roket," katanya usai menyaksikan latihan didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru, Selasa (9/8/22).

Andika menyebut, dalam skenario latihan  bagaimana menghadiri senjata bantuan dengan jarak jauh menggunakan pesawat. Tentunya hal ini akan menambah jam terbang bagi personil yang terlibat dalam latihan. 

"Jadi skenario latihan ini pertama kali kita lakukan menggelar alat utama sistem senjata (alutsista) di daerah dengan landasan yang bisa dilewati pesawat hercules," ucapnya.

Andika mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru bersama Forkopimda Sumsel yang telah mendukung kegiatan Latihan Gabungan Bersama  (Latgabma) 13 Negara  Super Garuda Shield 200 di Sumsel Berjalan Lancar

"Terima kasih kepada Pak Gubernur dan Forkopimda Sumsel serta para intansi lainnya seperti SMB II yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berjalan lancar," ungkapnya.

Dalam latihan ini para prajurit TNI Angkatan Udara bersama  prajurit Amerika Serikat  melakukan manuver menggunakan pesawat Hercules membawa alutsista dan diturunkan dari pesawat selanjutnya  digunakan membidik   sasaran dengan jarak jauh.  [rhd/***]


Komentar Pembaca
Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Ahad, 02 Oktober 2022 | 09:05

Hukum Kdrt Menurut Islam

Hukum Kdrt Menurut Islam

Jumat, 30 September 2022 | 13:05