Makanan, Minuman Hingga Wisata Halal Akan Tampil di Pameran Perdagangan Gaya Hidup Islami

Inspirasi Islam  SELASA, 09 AGUSTUS 2022 | 11:45 WIB

Makanan, Minuman Hingga Wisata Halal Akan Tampil di Pameran Perdagangan Gaya Hidup Islami

net

Dengan populasi Muslim 229 juta (sekitar 87,2 persen dari total populasi 255 juta), Indonesia adalah negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia.

Bertujuan untuk menghubungkan dunia dengan komunitas Muslim, Indonesia akan menjadi tuan rumah pameran perdagangan gaya hidup Islam internasional selama tiga hari yang berfokus pada produk dan layanan Islam dari 26 hingga 28 Agustus 2022.

Indonesia Islamic Lifestyle International Trade Fair yang diadakan di Indonesia Convention Fair, Tangerang.

Winnie Adams, juru bicara Lima Events, penyelenggara pameran, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pameran tersebut adalah pertandingan bisnis dan pameran bisnis antar perusahaan.

Dikatakan akan menarik puluhan ribu pengunjung offline dan jutaan pemirsa online dari berbagai negara.

Dia mengatakan bahwa pameran akan mencakup delapan sektor utama: makanan dan minuman halal; Kosmetik halal, obat-obatan dan herbal. Wisata dan destinasi halal.

Lainnya adalah: keuangan dan perbankan Islam. media dan hiburan halal; mode sederhana; pendidikan Islam, buku dan penerbitan; Properti dan infrastruktur yang sah.

The State of the Global Islamic Economy (SGIE) Report 2022 memperkirakan bahwa 1,9 miliar Muslim di dunia menghabiskan setara dengan US$2 triliun pada tahun 2021.

Jumlah tersebut dibelanjakan di sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan dan media/hiburan yang dipengaruhi oleh kebutuhan konsumsi etis yang diilhami oleh keyakinan Islam.

Menurut Ibu Adam, pameran yang berlangsung selama tiga hari ini akan mencakup lokakarya, presentasi produk dan pertemuan bisnis serta kunjungan lapangan ke peternakan, pusat pengembangan ekonomi Islam dan sektor industri halal di Indonesia.

Ia menambahkan bahwa lebih dari 100 peserta pameran lokal dan internasional dan lebih dari 50.000 pengunjung perdagangan dan konsumen diharapkan untuk berpartisipasi dalam pameran, yang mencakup area dalam ruangan lebih dari 4.800 meter persegi.

Dia mengatakan pameran tersebut merupakan pameran bisnis terbesar di Indonesia untuk industri syariah dan halal yang diselenggarakan bersama dengan komunitas Pengusaha dan Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI).

Rangkaian business match di mana para pelaku industri halal dari berbagai negara Muslim, khususnya negara-negara anggota OKI, bertemu untuk membangun jaringan dan mengembangkan kemitraan ekonomi dan perdagangan.

“Pameran ini juga akan memberikan kesempatan bagi investor yang ingin menginvestasikan uangnya di sektor industri halal dan keuangan syariah untuk bertemu dengan pengelola dana dan lembaga keuangan dari dunia Islam,” tambahnya. [irm]


Komentar Pembaca