Buntut Terbunuhnya 4 Muslim di Albuquerque

Umat Muslim di Amerika Serikat Ketakutan

Internasional  SELASA, 09 AGUSTUS 2022 | 09:50 WIB

Umat Muslim di Amerika Serikat Ketakutan

Altaf Hussain menangis di makam kakaknya Aftab Hussein di Fairview Memorial Park di Albuquerque

Pihak berwenang pada hari Senin mengidentifikasi korban keempat dalam serangkaian pembunuhan pria Muslim di kota terbesar di New Mexico, sementara kematian itu mengirimkan riak ketakutan di kalangan komunitas Islam secara nasional.

Aparat penegak hukum juga mencari bantuan untuk menemukan kendaraan yang diyakini terkait dengan pembunuhan Albuquerque di mana elemen umum adalah ras dan agama korban, kata para pejabat.

Naeem Hussain tewas Jumat malam, dan penembakan penyergapan menewaskan tiga pria Muslim lainnya selama sembilan bulan terakhir. Polisi sedang mencoba untuk menentukan apakah pembunuhan itu terkait.

Pembunuhan itu telah menyebarkan ketakutan di luar New Mexico.

“Fakta bahwa tersangka masih buron sangat menakutkan,” tulis Debbie Almontaser, seorang pemimpin komunitas Muslim di New York, di Twitter. "Siapa selanjutnya?!"

Dalam sebuah wawancara telepon, Almontaser mengatakan bahwa seorang teman wanita yang tinggal di Michigan dan mengenakan jilbab berbagi dengannya selama akhir pekan betapa bingungnya dia.

"Dia seperti, 'Ini sangat menakutkan. Aku sangat takut. Saya bepergian sendiri,'” kata Almontaser.

Hussain, 25, adalah seorang Muslim dari Pakistan. Kematiannya menyusul kematian Muhammad Afzaal Hussain, 27, dan Aftab Hussein, 41, yang terbunuh dalam seminggu terakhir. Keduanya berasal dari Pakistan dan anggota masjid yang sama.

Kasus paling awal melibatkan pembunuhan November atas Mohammad Ahmadi, 62, seorang pria Muslim dari Afghanistan.

Polisi mengatakan kendaraan yang sama diduga digunakan dalam keempat pembunuhan - Volkswagen empat pintu abu-abu gelap atau perak yang tampaknya Jetta dengan jendela berwarna gelap. Pihak berwenang merilis foto dengan harapan orang dapat membantu mengidentifikasi mobil tersebut.

“Kami akan membawa orang ini atau orang-orang ini ke pengadilan,” kata Gubernur Michelle Lujan Grisham hari Minggu.

Penyelidik tidak mengatakan di mana gambar itu diambil atau apa yang membuat mereka curiga mobil itu terlibat dalam pembunuhan.

“Kami memiliki hubungan yang sangat, sangat kuat,” kata Walikota Albuquerque Tim Keller, Minggu. "Kami memiliki kendaraan yang menarik ... Kami harus menemukan kendaraan ini."

Presiden Joe Biden mengatakan dia “marah dan sedih” dengan pembunuhan itu dan bahwa pemerintahannya “berdiri kuat dengan komunitas Muslim.”

“Serangan kebencian ini tidak memiliki tempat di Amerika,” kata Biden dalam sebuah tweet.

Pembicaraan tentang keamanan juga mendominasi grup WhatsApp dan grup email tempat Almontaser aktif.

“Apa yang kami lihat terjadi di New Mexico sangat mengerikan bagi kami sebagai komunitas minoritas Muslim di Amerika Serikat yang telah mengalami begitu banyak reaksi dan diskriminasi” sejak serangan 9/11, katanya. “Ini menakutkan. Menakutkan."

Tahun lalu, sebuah jajak pendapat oleh The Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research yang dilakukan menjelang peringatan 20 tahun 9/11 menemukan bahwa 53 persen orang Amerika pada saat itu memiliki pandangan yang tidak baik terhadap Islam, dibandingkan dengan 42 persen yang memiliki pandangan yang baik. Ini bertentangan dengan pendapat orang Amerika tentang agama Kristen dan Yudaisme, di mana sebagian besar responden menyatakan pandangan yang baik.

Pihak berwenang Albuquerque mengatakan mereka tidak dapat menentukan apakah penembakan baru-baru ini adalah kejahatan kebencian sampai mereka mengidentifikasi tersangka dan motifnya.

Hussain ditemukan tewas setelah polisi menerima panggilan penembakan. Pihak berwenang menolak untuk mengatakan apakah pembunuhan itu dilakukan dengan cara yang mirip dengan kematian lainnya.

Polisi mengkonfirmasi pekan lalu bahwa detektif lokal dan petugas penegak hukum federal sedang mencari kemungkinan hubungan antara pembunuhan itu.

Muhammad Afzaal Hussain pernah bekerja sebagai penyelenggara lapangan untuk kampanye anggota kongres lokal.

Perwakilan Melanie Stansbury mengeluarkan pernyataan memuji perencana kota sebagai "salah satu orang yang paling baik dan pekerja keras" yang pernah dikenalnya. Dia mengatakan dia "berkomitmen untuk membuat ruang publik kami berfungsi untuk setiap orang dan membersihkan polusi warisan."[ros]


Komentar Pembaca