Bharada E: Saya Disuruh Atasan Menembak..

POLKAM  SENIN, 08 AGUSTUS 2022 | 17:00 WIB

Bharada E: Saya Disuruh Atasan Menembak..

Bharada E meminta maaf

Setelah berganti pengacara, banyak keterangan baru disampaikan oleh kuasa hukum Bhayangkara Dua (Bharada) Richard Eliezer Puding Lumiu (E), Muhammad Boerhanuddin. Bharada E pun sudah mendaftarkan diri untuk menjadi Justice Collaborator.

Sementara itu Brigadir Ricky Rizal ditetapkan tersangka, Senin (8/8/2022), yang merupakan ajudan istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Chandrawati.

Pengacara baru Bharada E membongkar fakta-fakta terkait insiden yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Salah satunya, Brigadir J tewas ditembak Bharada E atas perintah atasan.

Tim pengacara sudah menyampaikan permohonan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Klien mereka itu mengaku, tidak ada tembak-menembak dengan Brigadir J. Ia mendapat tekanan, dan diperintah untuk menembak Brigadir J.

"Bharada E memang mengakui, dia menembak Brigadir J. Namun dia melakukan itu atas perintah atasan," kata Boerhanuddin.

Ia menambahkan, "Dari berita acara pemeriksaan (BAP) dan keterangan kepada kuasa hukum, dia (Bharada E) mendapatkan tekanan, dapat perintah untuk menembak, itu saja."

Bharada E adalah ajudan untuk menjaga Putri Candrawathi, istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Namun, Boerhanuddin menegaskan atasan yang dimaksud bukan Putri.

"Atasan kedinasan, yang di tempat lokasinya. Bukan atasan di itunya, tapi atasan di tempat dia bertugas itu," jelas Boerhanuddin.
 
Atasan Bharada E yang belum disebutkan identitasnya itu pun disebut berada di lokasi saat kejadian.

"Ada di lokasi memang," ujar Boerhanuddin.
 
Bharada E melakukan penembakan terhadap Brigadir J menggunakan senjata api jenis pistol Glock-17. Namun, Boerhanuddin enggan membeberkan jumlah tembakan yang diperintahkan atasan tersebut.
 
"Ya nanti pengembangan penyidikan, itu terlalu detail kalau saya itukan (sampaikan), ribet saya," ucapnya.[ros]

 


Komentar Pembaca