Sudah 1.538 Jamaah Haji Sumsel Kembali ke Tanah Air

Nasional  MINGGU, 07 AGUSTUS 2022 | 12:21 WIB

Sudah 1.538 Jamaah Haji Sumsel Kembali ke Tanah Air

Jamaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 4 Debarkasi Palembang tiba di Tanah Air, Minggu (7/8/2022). Kloter 4 ini merupakan jamaah asal Kabupaten Muaraenim, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten PALI, Provinsi Bangka Belitung.

Kloter 4 pada saat berangkat berjumlah 450 orang, namun ketika kembali ke tanah air berjumlah 448 orang. Hal ini dikarenakan 1 orang melakukan Tanazul ke kloter 1 atas nama Tartib Supari Darjo asal Kabupaten OKUT dan 1 orang wafat di Madinah atas nama Siti Asiah Aziz asal Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh selaku Sekretaris PPIH H. Armet Dachil, menjelaskan.

Bahwa  yang Tanazul merupakan jamaah asal kabupaten OKU Timur. Sedangkan jamaah haji yang wafat merupakan asal Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung yang wafat di KKHI Madinah pada (5/8/2022)

"Kita doakan jamaah yang wafat tersebut khusnul hhatimah dan hajinya mabrur. Sebab sebagaimana kita ketahui bahwa almarhumah telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji. Selain itu wafat ditanah suci terlebih usai melaksanakan ibadah haji merupakan kebanggaan bagi mayoritas umat muslim di seluruh belahan dunia," ajak Armet.

Selanjutnya, prosesi penyambutan Jamaah di Asrama Haji dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel H Abadil. Dalam sambutanya, ia mengatakan dengan masuknya jamaah kloter 4 asal sumsel yang berjumlah 189 orang maka sebanyak 1.538 orang jamaah telah kembali ke tanah air.

Ia mengingatkan jamaah  yang telah menunaikan Rukun Islam Kelima agar menjaga kemabruran haji mereka.

"Segala perbuatan baik dan amalan yang dikerjakan di Tanah Suci hendaknya diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari mulai hari ini hingga seterusnya," ujar Abadil.

Turut hadir dalam penyambutan jamaah haji sumsel di Asrama Haji Debarkasi Palembang Kepala Kemenag Kota Palembang H. Deni Priansyah, Kepala Kemenag Kabupaten Muara Enim H. Azhari, Perwakilan pemerintah provinsi sumatera selatan dan seluruh Panitia Haji Debarkasi Palembang.

Sementara jamaah asal Provinsi Babel yang berjumlah 259 orang disambut oleh tim PPIH Bangka Belitung di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan bersiap langsung melanjutkan perjalanan ke daerahnya.[ros]


Komentar Pembaca
Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Ahad, 02 Oktober 2022 | 09:05

Hukum Kdrt Menurut Islam

Hukum Kdrt Menurut Islam

Jumat, 30 September 2022 | 13:05