Sebelum Tetapkan Roy Suryo Jadi Tersangka, Polisi Periksa 13 Saksi Ini

Hukum  SABTU, 06 AGUSTUS 2022 | 17:00 WIB

Sebelum Tetapkan Roy Suryo Jadi Tersangka, Polisi Periksa 13 Saksi Ini

foto/net

Pakar Telematika, Roy Suryo akhirnya ditetapkan menjadi tersangka. Namun sebelum itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan menjelaskan, telah lebih dulu melakukan pemeriksaan terhadap 13 saksi ahli, dalam kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Roy Suryo.

Saksi ahli yang dilibatkan tersebut adalah ahli bahasa, agama, media sosial, sosiologi hukum, dan ahli teknologi informasi (TI). 

"Di samping para saksi ahli yang kami periksa, kami juga memeriksa saksi lain yang mengetahui terkait unggahan yang dilakukan Roy Suryo, di mana dalam unggahan tersebut mengandung SARA, ujaran kebencian terhadap agama," kata Kombes Endra Zulpan di Jakarta, Jumat (5/8/2022). 

Sebelumnya diketahui, Roy Suryo sudah menjalani tiga kali pemeriksaan sebelum ditetapkan sebagai tersangka. 

"Mulai malam ini, Roy Suryo sebagai tersangka ujaran kebencian mulai dilakukan penahanan," tambah Kombes Zulpan. 

Kombes Zulpan mengatakan, penyidik khawatir pakar telematika dan informatika itu, menghilangkan barang bukti sehingga perlu segera dilakukan penahanan. 

Mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga itu, akan ditahan selama 20 hari ke depan di rutan Polda Metro Jaya. Dalam kasus ini, Roy Suryo disangkakan melanggar Pasal 28 Ayat 2 juncto Pasal 45 Ayat 2 UU ITE, Pasal 156A KUHP, dan Pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana. [mt]

 


Komentar Pembaca
Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Ahad, 02 Oktober 2022 | 09:05

Hukum Kdrt Menurut Islam

Hukum Kdrt Menurut Islam

Jumat, 30 September 2022 | 13:05