Menko PMK Dorong Digalakannya Germas

Nasional  MINGGU, 31 JULI 2022 | 10:55 WIB

  Menko PMK Dorong Digalakannya Germas

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, inisiatif menerapkan pola hidup sehat harus dimulai dari keluarga. Karena itu menjadi sangat penting digalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Demikian dikatakan Menko PMK Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/7/2022), di mana ia mengatakan bahwa kesadaran masyarakat untuk hidup sehat seperti aktivitas fisik, makan yang terukur, dan memperhatikan faktor-faktor lain harus ditingkatkan.

Dikatakan Menteri Muhadjir, pelaksanaan Germas belum optimal dalam dua tahun terakhir. Sebab, pandemi covid-19 masih melanda Indonesia.

Namun demikian Germas tetap harus dilakukan dalam setiap aspek kehidupan. Apalagi, tantangan sektor kesehatan sangat kompleks.
 
Ia mengatkan bahwa mulai angka kematian ibu serta bayi yang masih tinggi, stunting, hingga penyakit tidak menular (PTM.

Muhadjir mengajak masyarakat mengalokasikan biaya untuk menjaga kesehatan. Hal itu dinilai lebih efisien ketimbang biaya perawatan saat sakit.
 
“Lebih baik mengeluarkan biaya untuk sehat daripada biaya untuk sakit, karena itu hindarilah sakit salah satunya dengan Germas,” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.[ros]


Komentar Pembaca
Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Ahad, 02 Oktober 2022 | 09:05

Hukum Kdrt Menurut Islam

Hukum Kdrt Menurut Islam

Jumat, 30 September 2022 | 13:05