Kunjungan Wisatawan ke Kawasan The Nusa Dua Tumbuh 185 Persen

Wisata  KAMIS, 21 JULI 2022 | 08:30 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Kawasan The Nusa Dua Tumbuh 185 Persen

Net

Kunjungan wisatawan ke kawasan The Nusa Dua, Bali selama Januari – Juni 2022 tumbuh 185% menjadi 224.053 orang dari 78.720 orang pada Januari - Juni 2021.

Kunjungan ini, menurut data dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), yang mengelola kawasan tersebut, masih didominasi oleh wisatawan domestik.

Bahkan, Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan Daerah Tujuan Wisata (DTW) Water Blow Peninsula, yang merupakan salah satu spot wisata alam di The Nusa Dua, mencatat kunjungan wisatawan sebesar hampir 16.500 orang selama periode Januari-Juni 2022.

"Tingkat okupansi kawasan periode Januari-Juni tahun ini menunjukkan peningkatan yang positif didorong oleh kunjungan wisatawan domestik dengan kebijakan pelonggaran mobilitas, promosi kawasan serta adanya sejumlah kegiatan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) serta event lainnya yang diselenggarakan di kawasan The Nusa Dua," kata dia dalam siaran pers, diterima Rabu (20/7/2022).

Selain itu, lanjut dua kelengkapan fasilitas yang dimiliki kawasan serta pengelolaan kawasan dan hotel-hotel yang berbasis pada protokol kesehatan, diyakini menjadi faktor yang mendorong kepercayaan publik untuk menginap, menghabiskan liburan, serta melakukan aktivitas MICE di kawasan The Nusa Dua.

Pada periode Januari-Juni 2022, beberapa event dan konferensi telah dilaksanakan di The Nusa di antaranya Goldcoin Conference 2022 pada bulan Februari, Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) pada bulan Mei 2022, Vespa World Days 2022, Miss Global Coronation’s Night, hingga Bali and Beyond Travel Fair 2022.

“Kami harapkan pertumbuhan ini dapat terus terjaga seiring dengan semakin membaiknya kondisi pandemi serta meningkatnya kegiatan kepariwisataan yang akan berlangsung di Bali khususnya di kawasan The Nusa Dua," tambah Ngurah Ardita.

Dalam beberapa bulan ke depan, beberapa event juga telah terjadwal dilaksanakan di kawasan The Nusa Dua pada tahun 2022, di antaranya event SPINE20 pada Agustus 2022, Healthcare Information and Management System Society (HIMSS) dan World Planning School Congress (WPSC) pada September 2022, hingga KTT Archipelago and Island State Forum (AIS) pada November 2022. [Irm]


Komentar Pembaca