Usai Wukuf, Malam Ini Jamaah Indonesia Mulai Lontar Jumrah Aqabah

Kabar Tanah Suci  SABTU, 09 JULI 2022 | 22:00 WIB

Usai Wukuf, Malam Ini Jamaah Indonesia Mulai Lontar Jumrah Aqabah

foto/net

Hari ini, Sabtu (9/7/2022) bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijah 1443 Hijriyah di Arab Saudi, jamaah haji Indonesia mulai bergerak ke Mina. Setelah beristirahat di Mina, tengah malam Waktu Arab Saudi (WAS), jamaah haji Indonesia akan mulai prosesi lontar Jumrah Aqabah yang merupakan bagian dari puncak haji. 

Hal tersebut disampaikan Plh Biro Humas, Data dan Informasi, Wawan Djunaedi, di Media Center Haji, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. 

"Pada kesempatan ini, kami perlu sampaikan imbauan melontar jumrah yang akan dilaksanakan mulai malam dini hari nanti ketika memasuki 11 Dzulhijah," kata Wawan di Jakarta, Sabtu (9/7/2022).

Pemerintah mengimbau, pertama, agar jamaah saat melontar sesuai dengan waktu dan jalur yang telah ditetapkan bagi kloternya masing-masing. 

"Jamaah diimbau agar menghindari melontar pada saat cuaca yang berlebih (terlalu panas). Jangan melontar secara berdesak-desakan," katanya. 

Kedua, Pemerintah juga mengimbau, agar jamaah dengan risiko kesehatan tinggi agar mewakilkan lontar jumrahnya. 

"Jamaah juga diimbau agar selalu mengingat rombongannya masing-masing, membawa air minum, serta mengenakan alas kaki," ujar Wawan. 

Wawan menyampaikan, sampai saat ini dilaporkan suhu tertinggi di Mina mencapai 42 derajat celcius. 

"Kami tetap mengimbau kepada jamaah haji Indonesia jangan menunggu haus untuk minum. Tetap memakai masker setiap berkumpul di ruangan, maupun saat berkumpul di Mina," pesan Wawan. 

Pemerintah berharap, jamaah dapat mematuhi imbauan yang disampaikan ini. Tahun ini, sekitar satu juta jamaah haji dari seluruh dunia berada di Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji. 

"Marilah sama-sama kita doakan semoga pelaksanaan puncak ibadah haji tahun ini berjalan dengan baik, lancar dan tertib," tutupnya. [mt]

 


Komentar Pembaca
Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Ahad, 02 Oktober 2022 | 09:05

Hukum Kdrt Menurut Islam

Hukum Kdrt Menurut Islam

Jumat, 30 September 2022 | 13:05