Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Saat Idul Adha

Wisata  SABTU, 09 JULI 2022 | 09:45 WIB

Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Saat Idul Adha

Net

Hari Raya Idul Adha menjadi momentum untuk berkumpul bersama keluarga. Setelah shalat Id dan mengikuti proses pemotongan hewan kurban, kamu dapat mengunjungi tempat wisata bersama keluarga atau teman. 

Berikut tempat wisata Jakarta yang cocok dikunjungi saat Libur Idul Adha.

1. Monas 

Setelah dua tahun tutup, tugu Monumen Nasional (Monas) akhirnya kembali buka secara penuh untuk umum pada Jumat (01/07/2022) kemarin. Jadi, kamu dapat berwisata ke Monas saat libur Hari Raya Idul Adha. 

Berdasarkan informasi, ikon wisata Indonesia ini buka pada Selasa sampai dengan Minggu pukul pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Namun, waktu operasional dapat berubah tanpa pemberitahuan.  

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Monas, wajib melakukan pendaftaran secara online lebih dahulu.  Pendaftaran online bisa dilakukan pada H-1 atau hari H untuk mengurangi antrian melalui link yang tercantum dalam akun Instagram @monumen.nasional.

2. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal bisa menjadi pilihan wisata religi saat libur Hari Raya Idul Adha. Khususnya, bagi warga yang tidak berkesempatan melaksanakan shalat Id di Masjid Istiqlal. 

Tak hanya tempat ibadah, Masjid Istiqlal merupakan salah satu situs cagar budaya yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Sembari beribadah, pengunjung yang datang dapat menyaksikan arsitektur megah Masjid Istiqlal. Banyak simbol yang berkaitan dengan Islam dan kemerdekaan Indonesia pada desain Masjid Istiqlal. 

Kubah masjid, misalnya, berdiameter 45 meter yang melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia yakni 1945. Selain itu, ada ayat kursi yang melingkari kubah tersebut.

Masjid Istiqlal ditopang 12 tiang, sesuai tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal 1961. Lalu, total ada lima lantai di Masjid Istiqlal yang melambangkan lima rukun Islam, jumlah salat wajib dalam sehari, dan jumlah sila dalam Pancasila. 

3. Masjid Ramlie Musofa

Destinasi wisata religi lainnya yang dapat dikunjungi saat Idul Adha adalah Masjid Ramlie Musofa. Daya tarik dari masjid ini adalah desain bangunan menyerupai Taj Mahal, India. 

Lokasinya berada di Jalan Danau Sunter Raya, Sunter Agung, Jakarta Utara tepatnya di seberang Waduk Sunter. 

Pendirinya adalah Haji Ramli Rasidin yang merupakan seorang mualaf etnis Tionghoa. Insipirasi bangunan masjid berasal dari Taj Mahal karena sang pendiri ingin masjid ini juga menjadi lambang cinta umat Islam kepada Allah SWT, kepada agama, dan keluarga. 

Nama masjid Ramlie Musofa diambil dari singkatan nama sang pemilik yakni Ramli, istrinya Lie, dan anak-anaknya yaitu Muhammad, Sofian, dan Fabian. Masjid yang diresmikan pada 2016 ini, didominasi warna putih. 

Terdapat kubah di bagian atas masjid bertuliskan Masjid Ramlie Musofa. Menariknya tulisan nama masjid terdiri dari dua bahasa, yakni Indonesia dan Mandari dengan warna emas. 

4. Taman Ismail Marzuki

Setelah revitalisasi selama kurang lebih tiga tahun, Taman Ismail Marzuki (TIM) akhirnya buka kembali untuk umum mulai 3 Juni 2022 lalu. Namun, pembukaan dilakukan secara bertahap alias belum semua ruangan TIM dapat diakses. 

Terdapat aneka bangunan di TIM yang memiliki tema masing-masing. Meliputi, galeri seni, planetarium, pusat pelatihan seni, museum, teater, perpustakaan, wisma seni, dan masih banyak lagi.

Pada Juni 2022, wisatawan sudah bisa mengunjungi dua bangunan untuk pameran karya seni temporer. Lokasi TIM berada di Jalan Cikini Raya 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. 

5. Ragunan 

Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu obyek wisata keluarga di Jakarta Selatan. Kamu dan keluarga dapat mengunjungi Ragunan saat libur Hari Raya Idul Adha. 

Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Tak heran, banyak warga ibu kota dan sekitarnya memilih berlibur ke kebun binatang ini. 

Sebelum berkunjung, wisatawan wajib mendaftar secara online melalui link yang tercantum dalam akun Instagram @ragunanzoo. Kebun binatang ini buka pada Selasa sampai dengan Minggu pukul 07.00-16.00 WIB. 

6. Dunia Fantasi 

Selain ke Ragunan, kamu bisa mengajak keluarga berwisata ke Dunia Fantasi, atau yang lebih populer dengan sebutan Dufan. Obyek wisata ini merupakan salah satu theme park terbesar di Indonesia. 

Mengutip laman Taman Impian Jaya Ancol, terdapat sekitar 37 wahana permainan di Dufan. Wahana permainan tersebut terbagi dalam sembilan kawasan. Meliputi, Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, Kalila, dan Fantasy Lights.

Sejumlah wahana permainan di Dufan antara lain Baling-baling, Turbo Drop, Ontang-anting, Hysteria, Halilintar, Kora-kora, Istana Boneka, Kicir-kicir, Turangga Rangga, Tornado, Arung Jeram, Bianglala, dan lainnya. 

Taman hiburan ikonik ini pertama kali dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1985. Lokasinya berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. 

7. Pantai Pasir Putih PIK 2 

Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara merupakan destinasi wisata yang tengah naik daun. Kamu bisa mengajak keluarga atau teman berlibur di PIK saat libur Hari Raya Idul Adha. 

Salah satu obyek wisata di kawasan PIK yang tengah hits adalah Pantai Pasir Putih PIK 2, destinasi wisata ini sudah buka kembali setelah sebelumnya tutup akibat pandemi Covid-19. 

Saat ini, Pantai Pasir Putih PIK 2 buka setiap hari, mulai pukul 06.00 hingga 19.00 WIB. Lokasi favorit wisatawan adalah area Food Street dan kawasan pantai.

Pengunjung bisa menikmati suasana pantai sambil menikmati aneka kuliner yang dijajakan. Jam buka Food Street pada Senin-Jumat pukul 11.00 - 21.00 WIB. 

Sedangkan, pada Sabtu buka pada pukul 07.00 - 23.00 WIB dan Minggu 07.00 - 22.00 WIB.

8. Sarinah 

Sejak Maret 2022 lalu, Gedung Sarinah memiliki wajah baru. Tak hanya menjadi pusat perbelanjaan, Sarinah kini menjadi tempat nongkrong baru bagi masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. 

Nah, jika kamu belum sempat berkunjung ke Sarinah, maka manfaatkan libur Hari Raya Idul Adha untuk bermain ke gedung yang berada di Jalan MH. Thamrin ini. 

Ada beragam aktivitas yang dapat kamu lakukan di Sarinah. Mulai dari belanja produk UMKM, wisata kuliner, berburu foto Instagramable, atau sekadar nongkrong di ruang terbuka yang tersedia. 

Menariknya, pengunjung bisa melihat relief peninggalan era Presiden Soekarno yang berusia 50 tahun lebih. Sebelumnya, relief tersebut tersembunyi di ruang mesin atau ruang AHU di belakang gerai makanan cepat saji. 

9. Jakarta Fair 2022

Setelah absen selama dua tahun, gelaran Jakarta Fair 2022 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran 2022 kembali digelar. Serupa dengan tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Fair 2022 diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara.

Jakarta Fair 2022 akan berlangsung selama 39 hari, terhitung mulai Kamis, (9/6/2022) sampai dengan Minggu (17/7/2022). Jadi, kamu masih dapat mengunjungi Jakarta Fair 2022 saat libur Hari Raya Idul Adha.

Namun, pada 9 dan 10 Juli 2022, pihak penyelenggara menerapkan jam buka khusus dalam rangka Hari Raya Idul Adha 2022.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @jakartafairid, pada Sabtu (9/7/2022) jam buka pameran Jakarta Fair pukul 10.00-20.30 WIB. Sedangkan, untuk konser musik mulai 18.30-20.30 WIB.  

Sementara, pada Minggu (10/7/2022), jam buka pameran Jakarta Fair pukul 11.30-22.00 WIB. 

10. Jakarta Aquarium & Safari

Selain wisata outdoor, adapula pilihan wisata dalam ruangan alias indoor yang bisa dikunjungi saat Hari Raya Idul Adha. Salah satunya adalah Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) yang merupakan wisata ramah anak dan keluarga. 

Lokasinya berada di dalam mal Neo SOHO, Jakarta Barat sehingga pengunjung tidak terkena terik matahari. 

Jakarta Aquarium & Safari merupakan akuarium dalam ruangan terbesar di Indonesia. Obyek wisata ini merupakan hasil kolaborasi antara Taman Safari Indonesia dengan Aquaria KLCC Malaysia. 

Pengunjung bisa menemukan sekitar 3.500 spesies satwa akuatik maupun non akuatik di Jakarta Aquarium & Safari.

Selain melihat aneka satwa di Jakarta Aquarium & Safari, wisatawan tentunya bisa berjalan-jalan di pusat perbelanjaan Neo SOHO, Central Park, dan Mal Taman Anggrek yang lokasinya berdekatan. 

11. Museum MACAN

Wisata indoor Jakarta lainnya adalah The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau lebih dikenal dengan nama Museum MACAN. 

Pengunjung bisa melihat beragam karya seni di Museum MACAN. Salah satu yang paling terkenal adalah Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls. 

Karya seni ini merupakan buah karya dari perupa ternama asal Jepang, Yayoi Kusama yang pertama kali ditampilkan di Museum MACAN pada 2017. Lokasi Museum MACAN berada di AKR Tower, Jalan Perjuangan Nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

12. M Bloc Space

Lokasi ini  merupakan tempat nongkrong sekaligus wisata kuliner yang terkenal di kalangan anak muda ibu kota. 

Tepatnya berada di Jalan Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan. Kawasan ini dulunya merupakan rumah dinas Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). 

Tak heran, arsitektur bangunan di M Bloc Space bergaya vintage dan atau rumah tropis era 1950-an. Sepanjang kawasan ini, pengunjung bisa menemukan berbagai macam kafe. Selain itu, M Bloc Space juga menyediakan ruang kreatif bagi para muda-mudi. 

Lokasinya cukup strategis karena berada di dekat stasiun MRT ASEAN dan halte TransJakarta Blok M. 

13. Museum Bank Indonesia 

Kawasan Kota Tua merupakan salah satu obyek wisata favorit di ibu kota. Saat libur Hari Raya Idul Adha, kamu bisa mengunjungi sejumlah museum di kawasan Kota Tua, salah satunya Museum Bank Indonesia (BI). 

Pengunjung diajak berekspedisi ke masa lalu serta melihat perkembangan perekonomian di Indonesia. Museum BI telah dibuka kembali pada Kamis (07/07/2022) usai renovasi. Pembukaan ini ditandai dengan hadirnya pameran temporer bertajuk Merawat Ingatan Masa Lalu.

Seluruh area Museum BI, kecuali ruang theater sudah dibuka untuk umum. Tak hanya itu, Museum BI juga menyediakan ruang pameran baru bernama Ruang Kids Corner, yang memfasilitasi pengunjung untuk berfoto. 

Kunjungan dibagi dalam empat sesi, dengan kuota dibatasi sebanyak 50 orang pada setiap sesi. Oleh sebab itu, pengunjung harus melakukan registrasi terlebih dulu melalui akun WhatsApp Museum BI di nomor 081291573940. 

14. Museum Fatahillah 

Tak jauh dari Museum BI, kamu bisa mengunjungi Museum Fatahillah yang juga berada di kawasan Kota Tua. Nama resmi Museum Fatahillah adalah Museum Sejarah Jakarta. 

Museum Fatahillah dulunya merupakan gedung Balaikota Batavia.  Bangunan ini didirikan pada 1707 sampai 1712 atas perintah Gubernur Jenderal Joan van Hoorn. 

Di dalam Museum Sejarah Jakarta, pengunjung dapat ditemui berbagai bukti sejarah Jakarta. Meliputi, replika peninggalan masa Tarumanega dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad 17 sampai 19, keramik, gerabah, batu prasasti, dan lainnya. 

15. Setu Babakan 

Kamu bisa menghabiskan waktu libur Hari Raya Idul Adha sambil mempelajari kebudayaan Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan atau lebih dikenal dengan nama Setu Babakan. Lokasinya berada di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Setu Babakan. Wisatawan dapat mengenal budaya Betawi dengan mengunjungi rumah adat Betawi di tepi kolam.

Selain itu, kamu bisa mengunjungi amfiteater yang lokasinya berada tepat di bagian belakang Museum Setu Babakan dan belakang area kolam. Pengunjung juga bisa berjalan santai karena area wisata Setu Babakan dikeliling dengan pohon rimbun. [Irm]


Komentar Pembaca
Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

KesehatanKamis, 24 November 2022 | 09:10

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

IslamtainmentKamis, 24 November 2022 | 06:40

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Kabar Tanah SuciKamis, 24 November 2022 | 13:40

Anne Ratna Mustika Sebut Dedi Mulyadi Masih Punya Hutang Miliaran
Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Kabar Tanah SuciMinggu, 27 November 2022 | 19:43

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

POLKAMSelasa, 29 November 2022 | 23:50

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

NasionalSelasa, 29 November 2022 | 23:30

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

KajianSelasa, 29 November 2022 | 23:10

Hilman Latief: Penggunaan Nilai Manfaat Dana Haji Perlu Diproporsionalkan
Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Ekonomi SyariahSelasa, 29 November 2022 | 22:26