Wah, Ganjar Calon Kuat Gantikan Tjahjo Kumolo

POLKAM  SENIN, 04 JULI 2022 | 18:30 WIB

Wah, Ganjar Calon Kuat Gantikan Tjahjo Kumolo

DPP PDI Perjuangan sudah menyiapkan nama-nama calon pengganti Almarhum H Tjahjo Kumolo untuk menduduki jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPARB). Ada empat nama, yang salah satunya adalah Ganjar Pranowo.

Demikian terungkap dari penjelasan Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat ketika ditanya siapa yang dipersiapkan untuk menggantikan Tjahjo Kumolo di Kabinet, Senin (4/7/2022).

Djarot pertama menyebut dua nama yaiatu Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan rekannya Ahmad Basarah, sebagai berpeluang ditunjuk menjadi MenPAN-RB menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo.

. "Pak Hasto juga bisa. Artinya apa? Kami banyak stok, Pak Basarah juga bisa, kami banyak stok, ya, dari PDIP," katanya.

Tidak itu saja. Djarot yang Anggota Komisi II DPR RI ini mengatakan, PDIP menghargai kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemilik hak prerogatif pengisian kursi kabinet.

"Jadi, yang menentukan itu presiden, cuma yang jelas partai akan mendukung penuh tugas-tugas dari Presiden," ungkap Djarot.

Selain nama tadi, kata Kepala Badan Pengkajian MPR RI itu, nama kader PDIP lainnya juga banyak yang berkualitas sehingga pantas menjadi pengganti Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.
 
Terlebih, kata Djarot, kader di PDIP banyak yang berpengalaman di dalam tata kelola pemerintahan dengan menjabat gubernur hingga kepala daerah seperti Ganjar Pranowo dan Olly Dondokambey.

"Ada Pak Ganjar, Pak Olly Dondokambey sebagai gubernur. Nah, jadi kami banyak stok," ungkap dia.

Diberitaka sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD merasa yakin Presiden Jokowi sudah punya nama yang pas untuk ditempatkan sebagai MenPANRB.

"Pak Jokowi pasti sudah tahu dan sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu belasungkawa," kata Mahfud.[ros]


Komentar Pembaca
Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Ahad, 02 Oktober 2022 | 09:05

Hukum Kdrt Menurut Islam

Hukum Kdrt Menurut Islam

Jumat, 30 September 2022 | 13:05