Siang-malam Kebersihan dan Sterilisasi Masjidil Haram Dijaga

Bukan oleh Manusia

Kabar Tanah Suci  SENIN, 04 JULI 2022 | 15:50 WIB

Siang-malam Kebersihan dan Sterilisasi Masjidil Haram Dijaga

Kepresidenan Umum Arab Saudi untuk Urusan Dua Masjid Suci tidak menurunkan sedikitpun standar kebersihan dan disinfektisasi Masjidil Haram,  meskipun Kerajaan menyaksikan penurunan yang stabil dalam kasus COVID-19.

Mohammed Al-Jabri, Deputi Sekretaris Jenderal Badan Layanan, Urusan Lapangan dan Perlindungan Lingkungan, mengatakan bahwa serangkaian tindakan pencegahan dilakukan guna memastikan lingkungan yang sehat dan aman bagi para jamaah haji untuk melakukan ibadahritual mereka.

Dilansir Arab News, Senin (4/7/2022), ada pengawasan konstan operasi desinfektisasi dan sanitasi, serta transportasi dan layanan lain yang disediakan di gerbang Masjidil Haram.

Masjid memiliki 25.000 karpet, sementara sekitar 4.000 pekerja pria dan wanita dan 11 robot pintar dipekerjakan untuk mendisinfeksi dan membersihkan situs sepanjang waktu.

Mengomentari mesin pembersih, Al-Jabri mengatakan: “Badan tersebut menggunakan lebih dari 840 peralatan dan mesin untuk memurnikan dan membersihkan Masjidil Haram. Ini juga menindaklanjuti operasi pencegahan dan pengendalian infeksi lingkungan dengan memperlengkapi beberapa tim untuk membersihkan semua area Masjidil Haram, termasuk halaman luar, toilet, lantai dan karpet.”

Dia menambahkan: "Ada 8.000 kereta golf listrik dan biasa untuk melayani peziarah, termasuk 5.000 kereta biasa dan hampir 3.000 kereta listrik, yang disanitasi sebelum dan sesudah digunakan."

Untuk memastikan pergerakan jamaah yang lancar dan terorganisir, agensi telah menugaskan pengawas di masing-masing dari 150 pintu Masjidil Haram untuk menerima jamaah, dan membimbing mereka ke area sholat dan titik masuk dan keluar yang berbeda di Masjidil Haram.

11 robot pintar digunakan untuk mendisinfeksi dan membersihkan situs sepanjang waktu.

Staf keamanan juga telah ditempatkan di sekitar masjid untuk memastikan bahwa jemaah tidak terganggu oleh orang lain yang terlibat dalam kegiatan terlarang, seperti merokok, menjual barang atau mengemis.

Al-Jabri mengatakan: “Badan telah melengkapi area dengan semua layanan yang diperlukan, termasuk wadah air Zamzam, AC, lemari untuk salinan Al-Qur'an, sound system, sistem pencahayaan, karpet, toilet, selain mengoperasikan banyak eskalator yang mengangkut jamaah dan lansia ke semua lantai yang tersedia.

“Pegawai lembaga mengawasi masuk dan keluar jamaah, memastikan keselamatan mereka, mengarahkan mereka ke ruang yang ditunjuk untuk melakukan shalat, dan mengatur trotoar dan koridor, dengan partisipasi dari otoritas yang berwenang, sesuai dengan rencana yang disiapkan sebelumnya untuk memfasilitasi pergerakan mereka yang menuju ekspansi utara dengan mudah. ​​”

Al-Jabri mengatakan bahwa badan tersebut mendistribusikan lebih dari 2 juta botol air Zamzam setiap hari dan lebih dari 25.000 wadah Zamzam berfungsi di seluruh Masjidil Haram, termasuk 2.500 tempat penampungan air di perluasan utara.

Badan tersebut juga menyediakan tempat salat jenazah dengan wadah air Zamzam dalam jumlah yang cukup dan mengawasi distribusi botol air Zamzam di halaman untuk peziarah serta memastikan bahwa gerobak dan wadah selalu disanitasi.

Lebih dari 50 sampel acak diambil setiap hari dari berbagai lokasi di dalam Masjidil Haram untuk memastikan air Zamzam aman untuk dikonsumsi.

Badan tersebut mengeluarkan 2.000 izin untuk menawarkan makanan kepada jamaah di dalam Masjidil Haram dan 70 untuk halaman luar masjid, kata Al-Jabri.

Kesebelas robot telah dikirim ke dalam Masjidil Haram untuk membersihkan tempat suci sebagai bagian dari tindakan pengendalian pandemi dari Badan Layanan, Urusan Lapangan dan Perlindungan Lingkungan di Presiden Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci.

Robot akan secara otomatis membersihkan semua area masjid dan menganalisis persyaratan sanitasi untuk melindungi peziarah dan jamaah dari ancaman bakteri.

Dengan pemrograman tata letak masjid yang dimuat ke dalam sistem mereka, robot akan membersihkan masjid sesuai dengan kehadiran.

Robot menggunakan teknologi lokalisasi dan pemetaan simultan, yang menampilkan unit atomisasi berkinerja tinggi dan fitur pengisian daya baterai.

Setiap robot bekerja dari lima hingga delapan jam tanpa campur tangan manusia. Perangkat ini mampu membawa hingga 23,8 liter sanitizer, menghabiskan 2 liter per jam, untuk menghilangkan bakteri di area seluas 600 m2 di setiap putarannya. Robot dapat bergerak sejauh 3 km tanpa bantuan manusia.

Robot memiliki sistem deteksi depan untuk menghindari rintangan hingga 10 meter. Perangkat membawa kamera yang berisi radar berkualitas tinggi untuk pemetaan.

Perangkat robot pintar telah memperoleh sertifikat internasional, termasuk Sertifikat Akreditasi Kualitas CE Eropa.[ros]

 


Komentar Pembaca
Remaja Citayam Hafal Ar Rahman

Remaja Citayam Hafal Ar Rahman

Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:50

Alasan Laudya Cynthia Bella Pensiun

Alasan Laudya Cynthia Bella Pensiun

Rabu, 03 Agustus 2022 | 19:30