Ini Alasan PDIP Belum Mau Cari Penganti Tjahjo Kumolo

POLKAM  SENIN, 04 JULI 2022 | 11:10 WIB

Ini Alasan PDIP Belum Mau Cari Penganti Tjahjo Kumolo

net

Pasca wafatnya Tjahjo Kumolo, Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, bahwa partainya masih dalam keadaan berduka pasca. Sehingga PDIP belum mengajukan nama pengganti almarhum Tjahjo sebagai Menteri PAN/RB. 

"Belum (usulkan nama pengganti), kami masih dalam suasana berduka ya," kata Djarot kepada wartawan di Jakarta dikutip, Senin (4/7/2022). 

Djarot menyampaikan, Tjahjo merupakan tokoh yang hidupnya pengabdiannya betul-betul untuk bangsa dan negara, dan senior partai yang membantu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarmoputeri membesarkan partai. 

"Jadi kami masih dalam suasana duka tentu saja kita sadari memaklumi bahwa itu adalah kewenangan dari pak Jokowi," tuturnya. 

Sebelumnya, Tjahjo dikabarkan sudah menjalani perawatan insentif di rumah sakit. Sempat berhembus kabar kalau Tjahjo dalam keadaan koma setelah berjuang melawan infeksi paru-paru. 

Namun informasi tersebut langsung dibantah oleh Sekretaris KementerianPANRB, Rini Widyantini. Rini menyebut kalau kondisi kesehatan Tjahjo sudah membaik pada sepekan lalu. 

"Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," ujar Rini saat dikonfirmasi, Jumat (24/6/2022).

Meninggalnya Tjahjo Kumolo pada Jumat (1/7/2022) lalu menyisakan pertanyaan sosok yang akan menggantikannya menduduki jabatan kursi Menpan RB selanjutnya.

Menurut Direktur Eksekutif Centre of Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa, posisi tersebut nantinya tetap akan diisi kader dari PDI Perjuangan.

“Figur untuk menduduki jabatan MenPANRB itu pasti berasal dari PDI Perjuangan,” kata Herry Mendrofa. 

Ia mengemukakan, ada empat kader partai berlambang banteng moncong putih yang layak menjadi Menpan RB. Salah satunya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 

Herry mengemukakan, rekam jejak Ahok yang lebih luas sudah melang melintang di lingkup pemerintahan, mulai kepala daerah di Belitung Timur dan DKI Jakarta hingga anggota legislatif menjadi hal yang menarik. Bahkan, Ahok pernah menjadi anggota Komisi II DPR yang membidangi pemerintahan.

“Saya kira ini menjadi pilihan yang tepat juga bagi Jokowi untuk menempatan Ahok sebagai calon MenPANRB,” paparnya.

Selain Ahok, ada nama Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Herry mengatakan, Risma berpeluang besar menjadi MenPANRB karena mantan Wali Kota Surabaya itu memulai kariernya dari seorang birokrat. [irm]


Komentar Pembaca