Gak Punya HP Canggih? Beli Pertalite dan Solar Bisa Kok Bayar Tunai

BERITA  MINGGU, 03 JULI 2022 | 19:45 WIB

Gak Punya HP Canggih? Beli Pertalite dan Solar Bisa Kok Bayar Tunai

foto/net

Uji coba pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina telah dimulai sejak Jumat (1/7/2022) lalu.

Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar, bisa segera mendaftaran diri. Adapun pendaftaran bisa melalui aplikasi dan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/.  

Meskipun demikian, Pertamina mengimbau, transaksi tidak harus menggunakan ponsel canggih. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, masyarakat tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina. Namun, wajib mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id.  

"Pendaftaran pembelian Pertalite dan Solar subsidi itu, dilakukan untuk pencocokan antara data yang didaftarkan dan data kendaraan yang dimiliki," ujar Irto, Minggu (3/7/2022). 

Lebih lanjut, Irto mengatakan, setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan QR code unik, yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website subsiditepat.mypertamina.id.

"QR code itu harus ditunjukkan saat membeli Pertalite dan Solar. Enggak harus pakai hp canggih, kok. QR code bisa di-print out atau dicetak dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib men-download aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU. Pembayaran tetap bisa dilakukan secara tunai dan non-tunai," ungkap Irto.

Selain itu, pada masa pendaftaran, masyarakat masih tetap bisa membeli Pertalite dan Solar dengan tetap mendaftarkan kendaraan dan identitasnya. 

Menurut Irto, pelaksanaan pendaftaran melalui website, tidak untuk menyulitkan masyarakat tetapi untuk melindungi masyarakat yang berhak menikmati subsidi energi. 

"Tujuan pendataan ini, untuk memastikan subsidi energi yang tepat sasaran, sehingga anggaran yang sudah dialokasikan pemerintah benar-benar dinikmati yang berhak," tegas Irto Ginting. [mt]


Komentar Pembaca
Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Herman Deru Dapat Reward Did Rp10,32 Miliar

Ahad, 02 Oktober 2022 | 09:05

Hukum Kdrt Menurut Islam

Hukum Kdrt Menurut Islam

Jumat, 30 September 2022 | 13:05