Gandeng Swasta, Pemkab Muba Kurangi Angka Pengangguran

Ekonomi  MINGGU, 03 JULI 2022 | 07:26 WIB

Gandeng Swasta, Pemkab Muba Kurangi Angka Pengangguran

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) gencar melakukan terobosan,  untuk mengurangi angka pengangguran di Bumi Serasan Sekate. Di antaranya kerja sama dengan perusahaan yang berdomisili di Muba.

Dalam program bidang pemberdayaan dan penempatan tenaga kerja lokal ini, Pemkab meminta perusahaan-perusahaan tersebut memprioritaskan tenaga kerja lokal. Dan penempatan tenaga kerja lokal penyandang disabilitas menjadi salah satu program yang sangat efektif.

Program inipun sudah berjalan sejak dilaunching pada masa kepemimpinan Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi pada tahun 2020.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muba Mursalin menyebutkan, hingga saat ini sudah banyak perusahaan sinergi dengan Pemkab Muba dalam memprioritaskan tenaga kerja lokal untuk bergabung di perusahaan mereka.

"Hari ini juga kita tengah menyelenggarakan tes tertulis, wawancara dan medical check up, untuk program rekrutmen PT Musi Banyuasin Indah (MBI)," ungkapnya kepada awak media melalui pesan singkat, Jumat (1/7/2022).

Tes rekrutmen PT MBI tersebut, kata Mursalin, dilaksanakan di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Sekayu. Yang selama ini BLK juga dijadikan sebagai tempat peningkatan kualitas sumber daya manusia.

PJ Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi berharap para pencari kerja yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin dapat memanfaatkan program-program tersebut dengan sebaik-baiknya, agar bisa jadi tenaga kerja yang mumpuni dan handal di perusahaan-perusahaan besar yang ada di wilayah Kabupaten Muba.

"Kita harapkan bagi para pencari kerja lokal untuk memaksimalkan kesempatan, tingkatkan kemampuan masing-masing supaya kita bisa jadi tuan rumah dikampung sendiri," ucapnya.

Sementara itu Manajer HRR Wilmar PT MBI Apriyadi Jaya Harahap mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Muba yang telah memfasilitasi pelaksanaan rekrutmen. Ia menjelaskan bahwa rekrutmen ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pada PT MBI.

"Untuk jumlah peserta yang seleksi ada 84 orang, semoga prosesnya berjalan lancar, dan tenaga kerja lokal dari Kabupaten Muba dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja tersebut," pungkasnya.[ros]


Komentar Pembaca