Kapolda Lampung Raih Penghargaan Hoegeng Award 2022

BERITA  SABTU, 02 JULI 2022 | 22:15 WIB

Kapolda Lampung Raih Penghargaan Hoegeng Award 2022

foto/net

Irjen Akhmad Wiyagus dikenal sebagai sosok polisi yang sangat jujur, antisuap dan tidak bisa dinegosiasikan. Karena kejujurannya itulah, Dewan Pakar mendapuknya sebagai penerima penghargaan 'Hoegeng Awards 2022' kategori 'Polisi Berintegritas'. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Jumat (1/7/2022). Irjen Akhmad Wiyagus yang bertugas sebagai Kapolda Lampung adalah baru dua hari melakukan serah terima jabatan tersebut.  

Sebelumnya, jenderal bintang dua Polri itu menjabat sebagai Kapolda Gorontalo. Irjen Akhmad Wiyagus juga pernah bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  

"Irjen Akhmad Wiyagus baru dua hari serah terima jabatan dari Kapolda Gorontalo menjadi Kapolda Lampung. Beliau merupakan mantan penggawa KPK," terang Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad, di Bandar Lampung seperti dilansir dari jpnn, Sabtu (2/7/2022). 

"Akhmad Wiyagus merupakan mantan penggawa KPK. Beliau dikenal bawahan dan koleganya sebagai sosok polisi yang antisuap dan tidak bisa dinego," tambah Pandra. 

Selain Irjen Akhmad Wiyagus, dua polisi lainnya juga memperoleh penghargaan Hoegeng Awards 2022. Penerima penghargaan Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berdedikasi, yaitu Aipda Rohimah.   

Polwan yang akrab disapa dengan nama Mpok Imeh itu, sebelumnya diusulkan oleh warga untuk dianugerahi Hoegeng Awards 2022. Kemudian, penerima Hoegeng Awards 2022 lainnya, yakni untuk kategori Polisi Inovatif, diterima Brigjen Eko Rudi Sudarto.  

Dia telah berupaya memenangkan hati dan pikiran warga Papua, agar warga tidak tertarik pada propaganda Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Dewan Pakar mulai memproses pencarian polisi teladan sejak 14 Maret hingga 9 Mei 2022 dengan sejumlah kriteria, salah satunya adalah pengecekan rekam jejak di Posko Presisi Polri. 

Pada tahapan selanjutnya, kandidat yang lolos seleksi awal dibagi menjadi tiga kategori Polisi Berintegritas, Polisi Inovatif, dan Polisi Berdedikasi. Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 akhirnya memilih tiga penerima penghargaan tersebut. [mt]


Komentar Pembaca
Remaja Citayam Hafal Ar Rahman

Remaja Citayam Hafal Ar Rahman

Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:50

Alasan Laudya Cynthia Bella Pensiun

Alasan Laudya Cynthia Bella Pensiun

Rabu, 03 Agustus 2022 | 19:30