Hari Ini, Asrama Haji Surabaya Berangkatkan 16.586 Jamaah ke Tanah Suci

Nasional  SABTU, 02 JULI 2022 | 20:45 WIB

Hari Ini, Asrama Haji Surabaya Berangkatkan 16.586 Jamaah ke Tanah Suci

foto/net

 Sekretaris PPIH Asrama Haji Surabaya, Abdul Haris mengatakan, berdasarkan keputusan Kemenag, bahwa Asrama Haji Surabaya mendapatkan kuota sebanyak 16.048 jamaah. Namun nyatanya, PPIH Asrama Haji Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 16.586 jamaah calon haji ke Tanah Suci per Sabtu (2/7/2022). Itu artinya PPIH Asrama Haji Surabaya telah melebihi kuota yang telah ditetapkan Kemenag.   

"Dalam pelaksanaan ibadah haji, terdapat beberapa jamaah calon haji yang mutasi. Rinciannya 25 mutasi keluar dan 65 orang masuk ke dalam daftar yang berangkat melalui Ahes. Total jamaah dari Jatim seluruhnya 16.088," kata Abdul Haris seperti dilansir dari jpnn, Sabtu (2/7/2022). 

Meski jumlah jamaah calon haji dari Jatim melebihi kuota, hal itu tidak menjadi masalah.  Sebab, tidak merubah besaran kuota Nasional. 

Abdul Haris menambahkan, selain memberangkatkan jamaah calon haji asal JawaTimur (Jatim), Asrama Haji Embarkasi Surabaya, juga memberangkatkan jamaah asal Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bali. 

"Total keseluruhan jamaah calon haji yang diberangkatkan menuju Tanah Suci melalui Ahes adalah 16.586," tambah Abdul Haris.

Dari jumlah tersebut, sebanyak delapan orang jamaah calon haji gagal berangkat. Alasan tidak berangkat lantaran kondisi hamil trimester ketiga, gangguan jantung, hingga mental. Namun, Provinsi Jawa Timur menjadi penyumbang tertinggi jamaah calon haji yang berangkat ke Tanah Suci. 

"Sebanyak 20 persen jamaah haji di Indonesia didominasi oleh Provinsi Jatim. Dari total jumlah kuota Nasional sebanyak lima juta," pungkas Abdul Haris. [mt]


Komentar Pembaca
Remaja Citayam Hafal Ar Rahman

Remaja Citayam Hafal Ar Rahman

Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:50

Alasan Laudya Cynthia Bella Pensiun

Alasan Laudya Cynthia Bella Pensiun

Rabu, 03 Agustus 2022 | 19:30