Puasa Arafah Hapus Dosa 2 Tahun dan Bebas dari Neraka, Ini Niatnya!

Inspirasi Islam  SABTU, 02 JULI 2022 | 20:45 WIB

Puasa Arafah Hapus Dosa 2 Tahun dan Bebas dari Neraka, Ini Niatnya!

foto/ilustrasi

 

MoeslimChoice. Dengan masuknya bulan Dzulhijjah 1443 Hijriah, maka Umat Islam bersiap menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban.

Namun sebelumnya, umat Islam yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji, disunnahkan untuk menjalankan ibadah puasa hari Arafah, yakni pada 9 Dzulhijjah, yang pada tahun ini bertepatan dengan Sabtu, 9 Juli 2022 M. 

Puasa Arafah ini sangatlah dianjurkan bagi umat Islam. Setidaknya, ada dua keutamaan yang sangat menguntungkan. Pertama, mayoritas ulama berpendapat, bahwa dosa-dosa yang dihapus sebab puasa Arafah adalah dosa-dosa kecil, sebagaimana diterangkan oleh Imam Nawawi dalam Syarah Muslim juz 3 (h. 113).  

Kedua, orang yang berpuasa pada hari Arafah juga dibebaskan dari segala macam siksa neraka. Sebab, sebagaimana disebutkan Rasulullah SAW dalam sebuah haditsnya, bahwa Allah lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka pada hari Arafah dibanding hari-hari lainnya. 

"Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: 'Apa yang mereka inginkan?'" (HR Muslim).

Niat Puasa Arafah Dalam menunaikan ibadah puasa, seseorang wajib untuk berniat terlebih dahulu pada malam hari sebelumnya hingga menjelang Shubuh pada hari tersebut.

Berikut Niat Puasa Arafah, seperti dilansir NU Online:

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى    

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, "Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT."[mt]


Komentar Pembaca