Kenang Sosok Tjahjo, Mentan: Ahli Ibadah dan Peka pada Kesulitan Orang

POLKAM  SABTU, 02 JULI 2022 | 17:45 WIB

 Kenang Sosok Tjahjo, Mentan: Ahli Ibadah dan Peka pada Kesulitan Orang

foto/net

 Meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi MenPAN RB), Tjahjo Kumolo telah meninggalkan kesan mendalam bagi rekan-rekan sejawatnya. Salah satunya adalah Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL).

Mentan SYL mengenang sosok mendiang Tjahjo Kumolo semasa hidupnya sebagai sosok idealis yang mengedepankan kepentingan bangsa dan rakyat. Lebih dari itu, Tjahyo juga dikenal sebagai ahli ibadah dan peka terhadap orang yang dirundung kesulitan.  

"Beliau itu orang baik dan tahu bersahabat dalam perbedaan. Beliau juga mau berkomitmen terhadap tujuan yang idealis atas nama bangsa, rakyat dan ibadah," kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam siaran persnya, Sabtu (2/7/2022). 

Mentan mengatakan, Tjahyo merupakan sosok adaptif terhadap suasana apapun dan dimanapun. 

Menurut pria 67 tahun itu, almarhum memiliki sikap social butterfly atau luwes dalam bergaul.  

Tak heran, jika dalam berbagai kesempatan, sikap, dan cara pandangnya selalu ditunggu banyak orang. 

"Saya kehilangan sekali figur panutan saya," katanya mengenang.

Menteri Syahrul menambahkan, dirinya bersama Tjahyo Kumolo pernah bernaung dalam satu organisasi Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), dan masuk dalam partai Golkar bersama Surya Paloh. 

"Sampai kami berkarier di masing-masing jalur. Beliau ke PDIP jadi sekjen dan lain-lain. Kemudian saya juga didukung penuh waktu pencalonan Wakil Gubernur dan Gubernur Sulawesi Selatan," terangnya. 

Tjahyo Kumolo, MenPAN RB meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat pada Jumat, 1 Juli 2022 karena sakit. Tjahyo kemudian dishalatkan di Masjid Kemenpan dan dimakamkan di TMP Kalibata dengan prosesi militer. [mt]


Komentar Pembaca