Jaga Kesehatan Ginjal dengan 8 Makanan Ini, No 7 Pasti Disukai

Kesehatan  SABTU, 02 JULI 2022 | 16:45 WIB

Jaga Kesehatan Ginjal dengan 8 Makanan Ini, No 7 Pasti Disukai

foto/net

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang tak boleh diabaikan. Karena pentingnya tersebut, Ginjal harus selalu dijaga kesehatannya. 

Kesehatan ginjal akan terganggu jika seseorang sering mengonsumsi alkohol, merokok, dan jarang minum air putih. 

Untuk menjaga kesehatan ginjal, setidaknya ada 8 makanan yang bisa membantu menjaga kesehatannya, seperti dilansir dari laman Stylecraze.com:

 1. Kubis 

Kubis adalah sayuran berdaun, yang dikemas dengan fitokimia. Antioksidan yang ada di dalamnya membantu mengatasi radikal bebas berbahaya dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, dan disfungsi ginjal.

Kubis adalah sumber yang kaya vitamin dan mineral, tetapi bukan yang berpotensi berbahaya bagi ginjal. 


2. Paprika Merah 

Paprika Merah merupakan makanan yang baik untuk kesehatan ginjal karena rendah potasium. Mereka juga menambah warna dan rasa pada hidangan, bersama dengan vitamin C, B6, A, asam folat, dan serat. 

Paprika Merah mengandung antioksidan likopen yang menawarkan perlindungan terhadap beberapa jenis kanker. Untuk itu, Anda bisa menambahkan paprika merah ke tuna, salad ayam, atau hanya mentah. 


3. Bawang Merah 

Bawang membantu menjaga ginjal Anda berfungsi dengan baik. Mereka mengandung flavonoid dan quercetin yang mencegah pengendapan bahan lemak di pembuluh darah. Quercetin merupakan antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Bawang merah ramah bagi ginjal dan rendah potasium, juga mengandung kromium yang membantu metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat. 


4. Asparagus 

Asparagus rendah kalori dan sarat dengan vitamin A, K, dan C. Pada tikus hipertensi, asparagus telah terbukti menjaga fungsi ginjal. Namun, sedikit lebih tinggi dalam mineral seperti potasium, kalsium, dan fosfor. 

Sebaiknya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi asparagus. Anda bisa memanggangnya atau merebusnya dengan makanan ramah ginjal lainnya untuk makan malam atau makan siang. 


5. Bawang Putih 

Seperti bawang Bombay, bawang putih memiliki bau yang menyengat, tetapi merupakan salah satu obat herbal yang paling manjur. Plus, ini membantu meningkatkan rasa makanan yang ditambahkan. 

Para peneliti telah menemukan bukti signifikan bahwa jus bawang putih, bersama dengan metformin (obat yang diresepkan untuk pasien diabetes tipe 2), menunjukkan efek renoprotektif.


6. Kembang kol 

Kembang kol adalah makanan super cruciferous ramah ginjal yang kaya akan sumber vitamin C, folat, dan serat. Ini juga mengandung senyawa yang penting untuk hati dan menetralkan zat beracun dalam tubuh. Kembang kol bisa dikonsumsi direbus, direbus, mentah, sebagai saus, atau salad. 


7. Apel 

Apel merupakan sumber yang kaya vitamin, mineral, dan serat, memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi kolesterol jahat, penyakit jantung, kanker, dan diabetes. 

Karena diabetes erat kaitannya dengan gagal ginjal, mengonsumsi apel bisa membantu melindungi Anda dari masalah ginjal. Apel bisa dimakan mentah atau dimasak, Anda juga bisa membuat minuman yang enak. 


8. Cranberry 

Jus cranberry adalah obat rumah yang populer untuk infeksi saluran kemih (ISK). Karena sifat antioksidannya, itu adalah antibiotik alami yang hebat yang mencegah pertumbuhan bakteri di saluran pencernaan atau ginjal.

Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa cranberry memiliki potensi untuk mengobati batu ginjal kalsium oksalat. Selalu konsumsi cranberry segar atau gunakan yang segar untuk membuat jus. Namun, jangan minum terlalu banyak untuk mencegah kerja ginjal yang berlebihan. Semoga bermanfaat. [mt]

 


Komentar Pembaca
Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:10

Paylater Haram!!!

Paylater Haram!!!

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:08

 10 Muharram: Ini 7 Peristiwa Penting yang Terjadi di Hari Asyura

10 Muharram: Ini 7 Peristiwa Penting yang Terjadi di Hari Asyura

Inspirasi IslamSabtu, 06 Agustus 2022 | 20:30

Kamu Berminat? Transjakarta Rekrut 1.801 Petugas Layanan Operasional
Hari Ini, Sambo Dipecat dari Kadiv Propam

Hari Ini, Sambo Dipecat dari Kadiv Propam

POLKAMKamis, 04 Agustus 2022 | 20:46

Mendadak, Banyak Perwira Polri Kehilangan Jabatan

Mendadak, Banyak Perwira Polri Kehilangan Jabatan

POLKAMKamis, 04 Agustus 2022 | 21:30

Sempat Dikabarkan Ada Penembakan di Rumah Kabareskrim

Sempat Dikabarkan Ada Penembakan di Rumah Kabareskrim

POLKAMMinggu, 07 Agustus 2022 | 11:55

Bharada, Pangkat Terendah di Polri Yang Tugasnya Cuma Menjalankan Perintah
Orangtua Diminta Lakukan Imunisasi Kejar di Program BIAN

Orangtua Diminta Lakukan Imunisasi Kejar di Program BIAN

KesehatanSelasa, 09 Agustus 2022 | 14:45

Leganya Nathalie Holscher Berpisah dengan Sule

Leganya Nathalie Holscher Berpisah dengan Sule

IslamtainmentSelasa, 09 Agustus 2022 | 14:30

Ditinggal di Mobil, Bocil Tabrakkan BMW ke Lexus

Ditinggal di Mobil, Bocil Tabrakkan BMW ke Lexus

InternasionalSelasa, 09 Agustus 2022 | 14:25

Tobat Nabi Adam dan Hawa Diterima Allah pada 10 Muharram