Tiga PTN Ini Masih Membuka Program Kelas Internasional

Pendidikan  SABTU, 02 JULI 2022 | 14:15 WIB

Tiga PTN Ini Masih Membuka Program Kelas Internasional

Net

Tahun Akademik 2022/2023, sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) masih membuka pendaftaran program Kelas Internasional. Program ini terbuka bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah double degree.

Double degree adalah program perkuliahan yang memungkinkan mahasiswa meraih dua gelar akademis dalam satu masa studi. Dua gelar tersebut didapatkan dari perguruan tinggi asal dan perguruan tinggi mitra yang memiliki kerja sama dengan kampus asal.

Mahasiswa yang mengambil program Kelas Internasional akan merasakan atmosfer kuliah global. Seluruh kegiatan perkuliahan akan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Selain itu, program ini juga menggunakan kurikulum khusus.

Umumnya program Kelas Internasional hanya terbuka untuk jurusan tertentu, baik dari rumpun ilmu kesehatan, sains dan teknologi, maupun sosial dan humaniora. Mayoritas kampus menawarkan untuk jurusan kedokteran.

Melansir laman penerimaan mahasiswa dari masing-masing kampus, Sabtu (2/7/2022), berikut daftar PTN yang masih membuka program Kelas Internasional Tahun Akademik 2022/2023.

1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka pendaftaran program Kelas Internasional atau yang disebut International Undergraduate Program (IUP) dalam tiga gelombang. Gelombang terakhir masih dibuka hingga 6 Juli 2022.

Pada tahun 2022, ITB akan menerima mahasiswa baru untuk program ini melalui dua mekanisme, yaitu ITB International Class dan ITB International Track. Perbedaan keduanya terletak pada program studi yang ditawarkan, jenis kelas, dan bahasa pengantar kuliah.

Informasi seleksi IUP ITB 2022 selengkapnya dapat dilihat melalui laman Admisi ITB atau di https://admission.itb.ac.id/home/international/undergraduate.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga (Unair) masih membuka pendaftaran program Sarjana Kelas Internasional atau International Undergraduate Programme (IUP) hingga 18 Juli 2022 mendatang (Gelombang III).

Program ini terbuka bagi lulusan siswa SMA/SMK tahun 2020, 2021, dan 2022 yang dibuktikan dengan ijazah atau Surat Keterangan Kelas XII bagi lulusan 2022. Selain itu, calon mahasiswa yang akan mendaftar program ini juga harus memiliki sertifikat kemampuan bahasa dan portofolio.

Informasi pendaftaran IUP Unair 2022 dapat diakses melalui laman Penerimaan Mahasiswa Baru Unair atau di laman https://ppmb.unair.ac.id/id/iup?menu=International-Programs.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga masih membuka program Kelas Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) 2022 hingga 11 Juli 2022 dengan catatan hanya untuk program studi yang belum terpenuhi kuotanya.

Program IUP ITS menawarkan berbagai macam skema perkuliahan. Di antaranya study excursion, magang di perusahaan internasional atau multinasional, pertukaran mahasiswa musim panas atau kursus singkat, dan joint degree (hanya untuk program studi yang menawarkan program joint degree).

Informasi mengenai pendaftaran IUP ITS 2022 selengkapnya dapat dilihat pada laman Admisi ITS atau di https://www.its.ac.id/admission/iup/#info.

Program Kelas Internasional ini umumnya memberikan syarat khusus berupa skor TOEFL atau IELTS tertentu dan tes khusus diluar jalur reguler. [Irm]


Komentar Pembaca
Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:10

Paylater Haram!!!

Paylater Haram!!!

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:08