Kenali Infeksi Paru yang Diidap Tjahjo Kumolo Sebelum Wafat

Kesehatan  SABTU, 02 JULI 2022 | 08:30 WIB

Kenali Infeksi Paru yang Diidap Tjahjo Kumolo Sebelum Wafat

Net

Sebelum meninggal dunia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo mengidap infeksi paru. Diketahui, ia juga mengalami sejumlah komplikasi yang membuat kondisinya semakin memburuk.

"Awalnya kecapekan, letih, pekerjaan yang berat. Kemudian setelah jatuh sakit komplikasi, ada paru-paru, diabetes, asam urat. Orang sakit kan komplikasinya berarti multi organ ya," papar politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno, Jumat (1/7/2022).

Tjahjo sempat dirawat di RS Abdi Waluyo selama dua minggu akibat infeksi yang menyebar di paru-parunya. Keluarga mengatakan kondisinya sempat membaik.

Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," ujar Rahajeng Widyaswari, putri Tjahjo, Minggu (16/6/2022).

Apa Itu Infeksi Paru?

Infeksi paru disebabkan oleh mikroorganisme berbahaya, seperti virus, bakteri jamur, maupun parasit yang menyebabkan kerusakan dan peradangan di saluran udara atau jaringan paru-paru.

Menurut dokter spesialis paru dari RS Persahabatan, Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan oksigen yang masuk ke dalam darah, sehingga pasien mengalami sesak napas.

"Infeksi pada paru menyebabkan kerusakan jaringan paru, apabila kerusakan jaringan paru luas menyebabkan gangguan oksigen yang masuk ke dalam darah sehingga pasien menjadi sesak napas. Pada kondisi yang berat dan luas dapat menyebabkan gagal napas dan berisiko kematian," ucapnya, Jumat (1/7/2022).

Gejala Infeksi Paru

Dikutip dari VeryWellHealth, terdapat sejumlah gejala umum dan kurang umum yang biasa terlihat pada pengidapnya, seperti:

* Batuk
* Produksi lendir yang berlebih
* Mengi
* Demam
* Kedinginan
* Nyeri otot
* Nyeri sendi
* Kehilangan nafsu makan
* Kelelahan
* Mual dan muntah
* Diare

Risiko Infeksi Paru

Adapun beberapa kondisi seseorang yang dapat meningkatkan risiko infeksi paru, yaitu:

* Anak-anak
* Usia lanjut
* Komorbid, seperti diabetes, stroke, penyakit jantung, ginjal, dan lain-lain
* Imunitas yang menurun

Komplikasi Infeksi Paru

dr Agus juga menjelaskan infeksi paru dapat menyebabkan sejumlah komplikasi serius, seperti:

* Gagal napas. Kondisi seseorang yang sulit napas karena oksigen tidak bisa masuk dalam darah akibat infeksi yang luas pada paru.

* Sepsis. Kondisi seseorang saat infeksi menyebar dari paru ke seluruh tubuh dan ke organ lain.

* Gagal organ. Kerusakan organ tubuh akibat infeksi yang menyebar dan tidak teratasi.
Kematian.

Oleh karenanya pasien harus segera mendapatkan pengobatan. Pasalnya, jika terlambat diobati, infeksi akan lebih sulit diatasi atau disembuhkan.

"Gagal napas, kondisi seseorang yang sulit napas karena oksigen tidak bisa masuk dalam darah akibat infeksi luas pada paru. Sepsis, kondisi ini adalah infeksi yang menyebar dari paru ke seluruh tubuh dan ke organ-organ lain. Gagal organ, ini kerusakan organ tubuh akibat infeksi yang menyebar dan tidak teratasi. Dan kematian," tuturnya, Jumat (1/7/2022). [Irm]


Komentar Pembaca
Remaja Citayam Hafal Ar Rahman

Remaja Citayam Hafal Ar Rahman

Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:50

Alasan Laudya Cynthia Bella Pensiun

Alasan Laudya Cynthia Bella Pensiun

Rabu, 03 Agustus 2022 | 19:30