Kedatangan Jokowi Bisa Rem Serangan Rusia

Internasional  KAMIS, 30 JUNI 2022 | 23:00 WIB

Kedatangan Jokowi Bisa Rem Serangan Rusia

Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negera Iriana ke Rusia, paling tidak bisa menahan pasukan Rusia untuk melancarkan Summer Offensive (Serangan Musim Panas).

Demikian dikatakan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto, Kamis (30/6/2022), di mana ia menyebutkan bahwa saat ini situasi mendekati musim panas yang patut diwaspadai Ukraina.

Karena, meurut Andi, dirinya melihat Rusia ada kemungkinan untuk melakukan serangan musim panas atau dikenal dengan istilah summer offensive.
 
"Secara taktik militer, Rusia menemukan waktu ideal untuk melakukan summer offensive. Jika hal itu dilakukan maka eskalasi perang akan berlanjut," kata Andi dalam tayangan Primetime News Metro TV seperti dilansir dari medcom.id.
 
Andi menduga taktik ini kemungkinan diterapkan melihat gelagat Rusia sejak 7 April lalu. Mereka hanya melakukan serangan di 3 front, yakni di wilayah timur, utara, dan selatan Ukraina.

"Front di Kiev sudah ditinggalkan karena kondisi lahan dan cuaca tak memungkinkan. Karena geografis di sana adalah rawa-rawa, sehingga sulit terutama setelah es mencair," kata dia.
 
Dan saat ini, lanjut Andi, merupakan kondisi ideal untuk melakukan summer offensive. Nah, kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Moskow, diharapkan bisa mengurungkan niat Rusia melakukan serangan musim panas ini.
 
"Kedatangan Jokowi ke Moskow menjadi slah satu momentum vital agar Rusia tak terdorong untuk melakukan eskalasi perangnya dari sisi manuver taktis," katanya.
 
Sebaliknya, kedatangan Jokowi ini diharapkan bisa membuat Rusia tergerak untuk mencari solusi-solusi nonmiliter. Bahkan, mungkin solusi damai.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan lawatan perdamaian ke Moskow, Rusia. Jokowi akan menemui Presiden Rusia Vladimir Putin usai menuntaskan lawatannya ke Kyiv, Ukraina.
 
"Kembali berkereta api menuju kota Przemysl, Polandia, untuk melanjutkan lawatan perdamaian ke Moskow, Rusia," kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari unggahan akun resminya di Instagram @jokowi, Kamis, 30 Juni 2022.
 
Sebelum bertolak ke Moskow, Jokowi, Ibu Negara Iriana, dan rombongan terbatas kembali ke Polandia dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Central Kyiv, Rabu, 29 Juni 2022 malam waktu setempat. Rombongan dijadwalkan tiba di Przemysl, Polandia, hari ini.[ros]

 


Komentar Pembaca