Dirjen Dukcapil Sidak Layanan Urus Dokumen Terdampak di Duren Tiga

BERITA  KAMIS, 30 JUNI 2022 | 20:25 WIB | Deman

Dirjen Dukcapil Sidak Layanan Urus Dokumen Terdampak di Duren Tiga

Dirjen Dukcapil, Prof Zudan Arif dan Kadis Dukcapil DKI, Budi Awaludin/Foto:Deman.Moeslimchoice

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Prof. Zudan Arif Fakrulloh didampingi Kadis Dukcapil DKI, Budi Awaluddin pagi ini melakukan sidak lokasi kegiatan door to door layanan perubahan dokumen kependudukan di Masjid Jami' Bait Al Rahman, di Jalan Duren Tiga Selatan RW 03, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (30/6/2022).

Layanan yang langsung menyasar kerumah-rumah warga ini, merupakan hari kedua dalam rangka memberikan kepastian kepada masyarakat, bahwa Pemerintah ada untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk warganya.

Zudan menyampaikan, proses penggantian KTP, KK, dan KIA cepat. Maka itu, Zudan mengajak warga yang terkena penggantian nama jalan menjadi Jalan Hj. Tutty Alawiyah di dokumen kependudukannya, supaya langsung datang ke lokasi layanan membawa KK dan KTP lama untuk ditukar dengan KK dan KTP baru.

"Peninjauan ini untuk melihat langsung layanan jemput bola terkait penggantian dokumen kependudukan warga, khususnya mereka yang mengalami perubahan nama jalan di Warung Buncit Raya menjadi Jalan Hj. Tutty Alawiyah," ungkap Dirjen Dukcapil, Zudan.

Selain meninjau layanan jemput bola, Zudan beserta Budi dan jajaran mendatangi rumah-rumah warga, menyerahkan dokumen kependudukan mereka yang sudah disesuaikan dengan nama jalan yang baru.

Dengan adanya layanan ini, Salah satu warga bernama Junaidi (45), merasa puas karena tidak perlu melakukan antrian yang panjang, cukup datang dan menyerahkan identitas dan langsung dikerjakan oleh petugas yang ada.

"Kami antusias sekali kalau layanan cara seperti ini diterapkan untuk beberapa instansi lainnya, kita sebagai warga senang sekali. Dan itu yang kita harapkan," Kata Junaidi.

"Warga Jakarta yang memiliki dokumen kependudukan mengalami perubahan nama jalan berasal dari tokoh betawi sesuai Keputusan Gubernur 565 tahun 2022 secara perlahan namun pasti untuk segera kita tuntaskan," ujar Budi.

Budi menambahkan, ditargetkan dalam kurun waktu dua pekan ini, diharapkan warga sudah memiliki dokumen kependudukan dengan nama jalan yang baru. Sedangkan untuk hasil layanan, hingga hari ini (Kamis, 30/6/2022) sebanyak 285 KTP-el telah tercetak baru.

Layanan jemput bola perubahan dokumen kependudukan warga imbas perubahan nama jalan,  selanjutnya adalah untuk wilayah Jakarta Selatan, yang akan dilaksanakan di Jalan KH. Guru Amin, yang sebelumnya dikenal dengan Jalan Raya Pasar Minggu, tepatnya sisi Utara.

"Saya tidak segan memberikan tindakan tegas bagi petugas yang masih memakai cara lama seperti itu. hal ini bagian dari komitmen kami kepada masyarakat dalam memberikan layanan yang cepat, akurat dan tuntas," tandasnya. [mt]


Komentar Pembaca