Jalan Kaki 11 Bulan, Adam Telah Tiba di Makkah

Kabar Tanah Suci  KAMIS, 30 JUNI 2022 | 18:00 WIB

Jalan Kaki 11 Bulan, Adam Telah Tiba di Makkah

Adam Muhammad, seorang jamaah haji Inggris keturunan Irak, tiba di Kota Makkah dengan berjalan kaki, melintasi 11 negara dan membutuhkan waktu hampir 11 bulan berjalan untuk mencapai Kota Suci ini.

Dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (30/6/2022), tiba di Makkah adalah mimpi seumur hidup ditambah dengan mimpi nyata bagi Adam Muhammad, yang menjadi kenyataan, ketika dia mencapai apa yang dianggap banyak orang sebagai prestasi yang mustahil.

“Haji adalah keinginan saya yang paling agung dan tersayang,” katanya setelah mencapai Makkah, melakukan umrah dan menghabiskan banyak waktu di sekitar Ka'bah Suci.

Adam, yang telah tinggal di Inggris selama sekitar 25 tahun, bermimpi untuk melakukan perjalanan spiritual ke Makkah untuk menunaikan ritual wajib haji. Tapi mimpi yang nyata adalah provokasi langsung baginya untuk berangkat melakukan perjalanan spiritual seumur hidup, berjalan kaki.

“Sejak pembatasan jam malam setelah merebaknya pandemi virus corona, saya menyibukkan diri dengan membaca dan memahami makna Al-Qur’an. Dan setelah satu setengah tahun mempelajari Kitab Suci secara mendalam, suatu hari saya terbangun dari tidur dengan sebuah intuisi yang menyuruh saya untuk berjalan kaki ke Mekah,” katanya.

Adam berangkat dari Inggris pada 1 Agustus 2021, menuju Makkah untuk menunaikan ibadah haji, dengan membawa troli roda tiga bagi barang-barang pribadinya.

Jamaah berusia 52 tahun itu mengatakan bahwa persiapannya untuk haji hanya memakan waktu dua bulan, dan sebuah organisasi Inggris mengulurkan tangan membantunya. Mengacu pada perjalanan yang sulit, Adam mengatakan bahwa dia tidak menghadapi rintangan besar dalam perjalanannya ke Makkah.

“Tidak ada kesulitan besar kecuali penahanan singkat oleh otoritas kepolisian di beberapa negara untuk menanyakan keberadaan saya, tetapi mereka terkejut ketika mengetahui tentang misi unik saya.

“Banyak orang membantu saya dalam perjalanan selama perjalanan saya, tetapi saya tidak pernah meminta bantuan siapa pun,” katanya sambil menekankan bahwa apa yang dia lakukan adalah demi Tuhan dan bukan untuk menulis catatan apa pun.

Sebuah klip video menunjukkan kegembiraan dan kepuasan yang membanjiri peziarah Irak saat tiba di tujuan akhir - Ibukota Suci Makkah.

Sejumlah warga Makkah dan jamaah haji yang hadir di Masjid Aisyah Al-Taneem mengungkapkan kegembiraannya atas kedatangan Adam, yang memulai perjalanannya dengan berjalan kaki dari Inggris 10 bulan 25 hari lalu, melewati 11 negara.

Adam berterima kasih kepada orang-orang Arab Saudi, yang telah menghujani dia dengan kemurahan hati mereka sejak kedatangannya di Kerajaan.

Dia sekarang sepenuhnya terlibat dalam persiapan mental dan fisik untuk haji tahunan yang datang tepat seminggu ia tiba di Makkah.[ros]


Komentar Pembaca