Di Kyiv Ukraina, Iriana Jokowi Serahkan Bantuan untuk Rumah Sakit

Internasional  KAMIS, 30 JUNI 2022 | 01:15 WIB

Di Kyiv Ukraina, Iriana Jokowi Serahkan Bantuan untuk Rumah Sakit

foto/net

Dalam kunjungannya ke Kyiv, Ukraina, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana mengunjungi rumah sakit yang berada di pusat kota Kyiv, Rabu (29/6).

Presiden Jokowi dan Iriana mendatangi lokasi itu setelah meninjau Apartemen Lipky di Kota Irpin yang dibombardir oleh Rusia. Pasangan suami istri itu, bahkan sempat mengunjungi dan menyapa sejumlah pasien yang berada di rumah sakit tersebut. 

Iriana terlihat mengunjungi pasien perempuan yang berada di salah satu kamar. Di dalam kamar itu, tampak juga sejumlah dokter yang bertugas. Iriana bahkan mendekati sang pasien perempuan berambut pendek yang sedang bersedih.  

Iriana tanpa pikir panjang, langsung mendekati pasien perempuan tersebut dan lalu memeluknya sembari menangis. Sementara itu, Presiden Jokowi yang berada di ruangan ikut mendekat kepada mereka.

Kepala Negara lalu menepuk pundak ibu itu. Pada kesempatan itu, Iriana secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv. 

"Tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit yang korban dari peperangan," kata Iriana, usai menyerahkan bantuan. 

Saat ditanya bagaimana kesan mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Ukraina, Ibu Iriana mengatakan harapannya agar perang segera berakhir.

"Dengan Bismillah saya mendampingi Bapak, moga-moga peperangan ini segera berakhir karena sangat merinding saya melihat," ucap Ibu Iriana Jokowi.

Selain bantuan kemanusiaan yang diserahkan hari ini, Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan melalui Palang Merah Ukraina dan komitmen rekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang. 

"Selain bantuan yang secara simbolis disampaikan Ibu Negara, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang," ucap Menlu Retno Marsudi secara terpisah. [mt]


Komentar Pembaca
Remaja Citayam Hafal Ar Rahman

Remaja Citayam Hafal Ar Rahman

Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:50

Alasan Laudya Cynthia Bella Pensiun

Alasan Laudya Cynthia Bella Pensiun

Rabu, 03 Agustus 2022 | 19:30