Waktu dan Niat Puasa Dzulhijjah

Kajian  RABU, 29 JUNI 2022 | 17:30 WIB

Waktu dan Niat Puasa Dzulhijjah

Ilustrasi

Puasa Dzulhijjah adalah puasa sunnah di bulan Dzulhijjah sebelum hari Arafah dan Idul Adha. 

Dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu Jilid 3 Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili mengatakan, puasa ini diamalkan sebanyak delapan hari pada hari-hari pertama bulan Dzuhijjah.

"Puasa delapan hari sebelum hari Arafah pada bulan Dzulhijjah, bagi pelaksana haji maupun orang lain," tulis buku tersebut.

Landasan amalan sunnah ini didasarkan dari salah satu riwayat hadits yang dikisahkan oleh Hafshah bin Umar bin Khattab RA. Puasa di bulan Dzulhijjah bahkan disebut sebagai amalan yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW,


عَنْ حَفْصَةَ قَالَتْ أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Artinya: Dari Hafshah RA, ia berkata, "Ada empat hal yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW yaitu, puasa Asyura, puasa sepuluh hari di bulan Dzulhijjah, puasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat sebelum Subuh," (HR Ahmad dan An Nasa'i).

Abduh Zulfidar Akaha dalam buku 165 Kebiasaan Nabi SAW berpendapat, puasa sepuluh hari bulan Dzulhijjah yang dimaksud adalah puasa sunnah di luar hari Idul Adha dan hari-hari Tasyriq. Termasuk mencakup puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah.

Puasa Dzulhijjah 2022 Tanggal Berapa?

Puasa Dzulhijjah jatuh pada 1-8 Dzulhijjah. Menurut penanggalan Masehi, jadwal puasa sunnah ini baru dapat diketahui setelah sidang isbat penentuan awal Dzulhijjah yang digelar hari ini, Rabu (29/6/2022) pukul 19.05 WIB.

"Pengumuman hasil sidang isbat awal Dzulhijjah disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV pool dan live streaming medsos Kemenag," kata Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag Ismail Fahmi.

Di sisi lain, berdasarkan kalender Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), awal bulan Dzulhijjah 1443 H akan jatuh pada tanggal 1 Juli 2022 mendatang. Sebab itu, umat muslim di Indonesia bisa mulai menjalani ibadah puasa Dzulhijjah mulai tanggal 1 Juli hingga 8 Juli 2022.

Mengutip Kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghazali, sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah adalah hari amal sholeh yang sangat dicintai Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah:

"Tidak ada hari yang amal sholeh, lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah).' Sesungguhnya berpuasa satu hari di dalamnya membandingi berpuasa satu tahun. Melakukan Sholat malam di dalamnya membandingi sholat malam pada malam Lailatul Qadar. Salah seorang sahabat bertanya 'Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?' Beliau bersabda, 'Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid)'." (HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Keutamaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah juga disebutkan dalam hadits lainnya:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis." (HR Abu Daud).

Niat Puasa Dzulhijjah 2022

Puasa Dzulhijjah umumnya dilakukan sama dengan puasa wajib Ramadan yaitu dimulai sebelum terbit fajar (waktu subuh) dan berbuka ketika fajar terbenam (waktu maghrib). Adapun niat puasa sunnah Dzulhijjah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'a

Artinya: Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala. [Irm]


Komentar Pembaca