Terserang Asam Urat? Redakan dengan 4 Obat Ini, Boleh Dicoba!

Kesehatan  SELASA, 28 JUNI 2022 | 11:15 WIB

Terserang Asam Urat? Redakan dengan 4 Obat Ini, Boleh Dicoba!

foto/net

Penyakit yang kini banyak diderita orang, tak hanya diabetes, tekanan darah tinggi, atau stroke, namun asam urat pun kini telah menyerang banyak orang.

Asam urat merupakan penyakit yang timbul akibat mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Selain itu, faktor keturunan juga bisa menyebabkan seseorang terserang asam urat. 

Namun jangan khawatir, ada beberapa obat yang dapat membantu menurunkan asam urat. Dilansir dari laman Genpi.co, berikut beberapa macam obat yang dapat menurunkan Asam Urat:

1. Colchicine  

Colchicine merupakan obat yang bisa membantu meredakan nyeri sendi dengan mengurangi peradangan akibat pembentukan kristal urat. 

Namun, obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat yang memiliki penyakit ginjal kronis. 


2. Steroid 

Jenis obat ini umumnya diberikan saat seseorang mengalami serangan asam urat akut, dan tidak boleh digunakan untuk jangka panjang.

Bentuknya bisa berupa pil atau tablet yang diminum dalam beberapa hari atau suntikan langsung ke area sendi yang terkena. Oleh karena itu, meski obat ini tersedia di apotek, namun harus dengan resep dokter. 


3. Allopurinol 

Allopurinol adalah obat kelas xanthine oxidase inhibitor, bertujuan untuk mencegah serangan asam urat berikutnya. Allopurinol bekerja dengan mengurangi produksi asam urat berlebih, sehingga ini bisa menjadi cara untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Obat penurun asam urat ini tersedia di apotek, tetapi harus Anda dapatkan dengan menebus resep dokter. 


4. Pegloticase 

Pegloticase adalah enzim yang bisa mengolah asam urat menjadi allantoin, yang kemudian akan dikeluarkan tubuh melalui urine. Jenis obat ini diberikan ketika obat-obatan lain tidak bisa menurunkan kadar asam urat. Di sisi lain, pemberian pegloticase merupakan salah satu cara untuk menurunkan asam urat dengan cepat.

Pasalnya, obat ini diberikan melalui infus intravena setiap 2 minggu sekali. Oleh karena itu, obat asam urat ini tidak bisa dibeli bebas di apotek. [mt]

 


Komentar Pembaca