Soal Duet Anies-Ganjar di Pilpres 2024, NasDem Tak Syaratkan Jadi Kader

POLKAM  SELASA, 28 JUNI 2022 | 07:45 WIB

Soal Duet Anies-Ganjar di Pilpres 2024, NasDem Tak Syaratkan Jadi Kader

foto/net

Saat mencanangkan wacana pembentukan duet Anies Baswedan dengan Ganjar Pranowo sebagai kandidat Capres-Cawapres 2024, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem Ahmad Ali, menyebut bahwa parpolnya sadar akan hal itu. 

Ahmad Ali mengatakan, Ganjar saat ini berstatus sebagai kader PDI Perjuangan. NasDem pun berharap, bisa berkomunikasi dengan PDI-P sebelum mewujudkan pasangan kandidat itu. 

"Ganjar itu kader PDI-P, iya. Itu pengakuan jujur dari Partai NasDem," ujar Anggota Komisi III DPR RI itu kepada wartawan, Senin (27/6/2022). 

Ahmad Ali menambahkan, bahwa meski begitu, NasDem tidak memberikan prasyarat, seperti Anies dan Ganjar harus atau wajib menjadi kader saat menggulirkan wacana duet dua tokoh itu. 

"Kami ketika menyebut nama, tidak mengikutkan persyaratan bahwa Ganjar menjadi kader NasDem," tambah Ahmad Ali. 

Menurut Ahmad Ali, NasDem membuka peluang duet yang terbentuk tidak harus Anies sebagai capres dan Ganjar menjadi cawapres. NasDem, kata dia, terbuka opsi menduetkan pasangan Ganjar-Anies pada Pilpres 2024.

"Itu hanya tawaran. NasDem hanya menawarkan pilihan itu. Adakah partai yang mau? Apakah orang itu mau? Itu wacana yang ditawarkan Pak Surya (Paloh)," katanya.  

Seperti diketahui, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengakui turut memberikan usulan nama calon presiden dan calon wakil presiden kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Usulan itu diberikan sebagai salah satu upaya menghindari polarisasi pada Pemilu 2024.  Salah satu usulan nama capres-cawapres yang dipercaya bisa menghindari polarisasi politik masyarakat yaitu Anies-Puan atau Anies-Ganjar. 

"Itu, saya akui iya," kata Surya Paloh di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (23/6/2022) lalu. [mt]


Komentar Pembaca