Yang Minat Kuliah di Syam, Al Syami-MUI Siap Bantu

Nasional  SENIN, 27 JUNI 2022 | 16:00 WIB

Yang Minat Kuliah di Syam, Al Syami-MUI Siap Bantu

Untuk para pelajar Indonesia, yang mau melanjutkan pendidikan ke Negeri Syam (Syiria), Ikatan Alumni Syam Indonesia (Al Syami) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) siap membantu.

Demikian terungkap dari kunjungan Ketua Umum Al Syami KH Ahmad Fathir Hambali Lc, Sekjen Al Syami HM Nailur Rochman SIP, Irfan Ramis SE ME, dan Dr H Badaruddin Haba Lc MA ke Kantor Majelis Ulama (MUI) Sulawesi Selatan Jl Masjid Raya, Bontoala, Makassar, Sabtu seperti dilansir dari laman MUI, Senin (27/6/2022).

Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Najamuddin Lc MA yang menerima kunjungan para Pengurus Al Syami.

Dalam kesempatan itu, KH Ahmad Fathir mengatakan, kunjungan ini dalam rangka bekerja sama dengan MUI Sulsel untuk mendukung program beasiswa ke Negeri Syam.

“Bagi yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Syam atau Syiria bisa mengikuti seleksi yang akan digelar di beberapa wilayah termasuk di Sulsel yang menjadi koordinator wilayah Indonesia timur,” kata KH Ahmad Fathir.

“Pelajar atau mahasiswa yang lulus akan melanjutkan di program Ma’had Syam Ad Dauly dan pelajar masuk program S-1 di Mujamma’ Syekh Ahmad Kaftaro Syam,” KH Ahmad Fathir menambahkan.

Ahmad Fathir meminta MUI Sulsel sebagai Koordinator Al Syami wilayah Indonesia Bagian Timur.

KH Najamuddin Lc MA mengapresiasi tawaran Al Syami. Ketum MUI pun menerima dam siap bekerja sama. MUI Sulsel sebagai Koordinator Al Syami Indonesia timur.

“MUI adalah organisasi besar yang menghimpun semua tokoh dan ormas Islam sehingga lebih mudah untuk melakukan koordinasi,” kata KH Najamuddin.

Guru besar Unhas itu berharap kerja sama dengan Al Syami berkelanjutan, “Karena sangat membantu program dakwah MUI Sulsel juga.”

Sekjen Al Syami H M Nailur Rochman SIP MPd juga mengatakan suasana di negeri Syam saat ini sudah kondusif dan tidak seperti yang diberitakan di media, sudah tidak bergolak.

“Sudah ratusan pelajar dan mahasiswa yang diberangkatkan ke Syam. Sampai saat ini tidak ada keluhan dari pelajar dan mahasiswa. Semuanya aman dan tenang dalam belajar tak seperti yang diberitakan media,” katanya.

Al Syami meminta MUI Sulsel sebagai Koordinator Wilayah Indonesia timur. Adapun Koordinator Al Syami dari MUI Sulsel dipercayakan kepada Dr KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA yang sebelumya sebagai koordinator Al Syami wilayah Indonesia timur.

“Saya berharap seluruh pesantren yang ada di Sulsel dan wilayah timur lainnya mengirim utusannya ke MUI Sulsel untuk diseleksi,” kata Syamsul Bahri yang juga sebagai sekertaris Komisi Fatwa MUI Sulsel.[ros]


Komentar Pembaca