Pemkot Izinkan Restoran Layani Penyembelihan Hewan Kurban

Kabar Tanah Suci  MINGGU, 26 JUNI 2022 | 11:00 WIB

Pemkot Izinkan Restoran Layani Penyembelihan Hewan Kurban

Pemotongan hewan kurban di Makkkah

Pemerintah Kota (Pemkot) Makkah, Arab Saudi, mengumumkan bahwa pihaknya sudah menawarkan layanan melalui Platform Baladi, di mana para pemilik restoran dapat melayani penyembelihan hewan kurban (Adahi).

Dilansir Saudi Gazette, Ahad (26/6/2022), Pemkot mengatakan bahwa izin itu memungkinkan pemilik restoran,  untuk melakukan penyembelihan hewan kurban padaHhari Idul Adha dari Dzul Hijjah, 10 hingga 13 yang bertepatan 9-13 Juli 2022.

Disebutkan juga bahwa pemilik restoran akan dapat mengeluarkan izin hingga Dzulhijjah, 5, sesuai dengan 4 Juli tanpa biaya, dengan beberapa syarat, termasuk:

1 - Validitas lisensi komersial untuk restoran atau dapur.

2 - Restoran atau dapur harus memiliki sertifikat kesehatan bagi karyawan.

3 - Penting untuk mematuhi kebersihan di area penyembelihan dan pengulitan hewan.

4 - Proses penyembelihan harus diatur.

6 - Dilarang menumpuk hewan yang disembelih di tempat yang ditentukan.

7 - Restoran, dapur harus memasang papan yang menonjol di mana harga pemotongan ditentukan.

Pemkot Makkah menegaskan,  tujuan dari layanan ini adalah untuk menyediakan layanan pemotongan hewan kurban yang jumlahnya meroket selama musim haji.

"Layanan ini juga bertujuan untuk meringankan beban pemilik perusahaan dan pelanggan mereka sesuai dengan persyaratan kota, u yang berkontribusi untuk menyediakan layanan secara tertib dan sehat," kata Pemerintah Kota Makkah.

Dalam penyembelihan, perlu disebutkan hewan tersebut dipotong untuk kurban atas nama orang yang berkurban. Pelaksanaannya 10-13 Zulhijjah.

Kurban itu memiliki syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi, antara lain: harus berupa hewan ternak, seperti unta, sapi, dan domba; usia tertentu; dan ditetapkan bahwa itu bebas dari cacat.[ros]


Komentar Pembaca