Diabetes Bisa Serang Anak Muda, 3 Faktor Ini Penyebabnya

Kesehatan  KAMIS, 23 JUNI 2022 | 13:30 WIB

Diabetes Bisa Serang Anak Muda, 3 Faktor Ini Penyebabnya

foto/net

Penderita diabetes bisa juga menyerang pada usia muda. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya dilakukan pencegahan sejak usia muda. Beberapa cara yang bisa dicoba adalah dengan menjaga pola makan yang benar dan rutin olahraga.  Sebab, asupan nutrisi dan aktivitas fisik tubuh sangat berpengaruh terhadap kondisi gula darah.

Prof. DR. Dr, Sidartawan Soegondo,Sp.PD-KEMD, FINASIM, FACE mengulas tentang pentingnya pencegahan diabetes yang harus dilakukan, khususnya bagi anak muda.

Prof. Sidartawan mengatakan, bahwa di zaman dulu, orang berusia 40 tahun ke atas biasanya akan mulai mengalami kenaikan berat badan dan terkena diabetes.

Namun, sekarang terjadi peralihan di mana usia 20-an saja bisa mengalami kenaikan berat badan. Penyebabnya adalah pola makan dan gaya hidup yang berubah, hingga menyebabkan resistensi insulin serta memicu diabetes.

"Gaya hidup termasuk pola makan zaman sekarang berbeda. Hal ini yang berdampak meningkatkan risiko diabetes, sehingga kita harus bisa mencegah dan mengantisipasinya dengan melakukan skrining prediabetes atau minimal melakukan pengecekan gula darah secara rutin," ujarnya.

Menurut Prof. Sidartawan, setidaknya ada tiga faktor dari gaya hidup yang bisa meningkatkan risiko diabetes:

1. Pola makan tidak sehat

2. Obesitas

3. Jarang olahraga

Penerapan diet sehat terutama menghindari junk food atau makanan instan adalah langkah tepat untuk mencegah diabetes.

Menurut penelitian oleh Chichger, et al. tahun 2016, pola makan yang tidak sehat bisa memicu peningkatan kadar gula darah, seperti pada pengidap diabetes tipe 2.  Sedangkan olahraga merupakan salah satu aktivitas penting untuk menjaga kesehatan, terlebih dalam mencegah atau mengatasi diabetes.

Sebab, aktivitas fisik menjadi salah satu cara penting mengelola kadar glukosa darah dan bisa membakar kalori ekstra, sehingga dapat sekaligus menurunkan berat badan agar terhindar dari risiko diabetes. [mt/hallosehat]


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05