Idul Adha di Tengah Wabah PMK, Muhammadiyah Imbau Pilih Ternah yang Sehat

BERITA  KAMIS, 23 JUNI 2022 | 12:30 WIB

Idul Adha di Tengah Wabah PMK, Muhammadiyah Imbau Pilih Ternah yang Sehat

foto/net

Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah sudah di depan mata. Masyarakat Indonesia akan segera merayakannya di tengah merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ribuan ternak diduga terjangkit atau suspek PMK. Banyak ternak yang mati dan terpaksa disembelih. Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Kurban 1443 Hijriah akan jatuh pada pada 9 Juli 2022. 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau masyarakat memilih ternak yang sehat untuk disembelih saat perayaan Idul Adha. 

"Sebaiknya sapi untuk kurban dipilih yang betul-betul sehat. Sebab, nanti dampaknya untuk kesehatan," kata Haedar di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, seperti dilansir dari jpnn,  Rabu (22/6). 

Menurut Haedar, memilih ternak yang sehat untuk kurban sudah sesuai dengan syariat Islam. 

"Kami imbau juga kepada masyarakat umum supaya berkurban dan menyembelih hewan kurban yang sehat, sesuai dengan persyaratan," ujar dia. 

Agar sebaran hewan kurban dapat menjangkau berbagai daerah, menurut dia, masyarakat juga dapat menyalurkan sebagian hartanya untuk membeli hewan kurban melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu).

"Bagi saudara-saudara kita yang punya kelebihan harta, kami Muhammadiyah juga terus menggerakkan itu lewat LazisMu. Banyak juga yang titip lewat LazisMU untuk menyebar hewan kurban di tengah pandemi seperti ini," kata dia.

Haedar juga berpesan, agar perbedaan yang mungkin terjadi dalam penetapan Idul Adha 1443 Hijriah tidak akan menimbulkan masalah. 

"Baik sama maupun mungkin berbeda, kami harap tidak menjadi masalah," pungkas Haedar Nashir. [mt]

 


Komentar Pembaca
Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Alhamdulillah Indonesia Punya Vaksin

Senin, 27 Juni 2022 | 21:12

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Hotman Paris Sowan Ke Ketua Mui

Senin, 27 Juni 2022 | 13:05