Sandiaga Uno Apresiasi 35 Finalis AKI 2022 di Cirebon

Ekonomi  RABU, 22 JUNI 2022 | 02:00 WIB

Sandiaga Uno Apresiasi 35 Finalis AKI 2022  di Cirebon

Foto/Net

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi kepada 35 finalis Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 dari Jawa Barat.

AKI adalah program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif. 

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno membagikan tips kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terkait dengan pengembangan bisnis usaha. 

Menurut dia, setidaknya ada tiga poin yang perlu diperhatikan para pelaku UMKM. Pertama, pelaku UMKM harus bisa mengenali target pasarnya masing-masing. 

"Pertama, pelaku UMKM harus bisa mengenali target pasar. Pasar Indonesia ini sangat luas dan sangat besar. Oleh karena itu, kita harus mampu untuk menghadapi pasar," kata Sandiaga Uno dalam siaran pers, Selasa (21/6/2022). 

Menurutnya, para pelaku UMKM juga harus bisa membentuk tim manajemen yang solid. 

"Kemudian juga harus bisa menguatkan keuangan dari usaha kita," kata Sandiaga.

Sebanyak 35 pelaku ekonomi kreatif dari berbagai subsektor hadir dalam acara AKI di Cirebon, mulai dari kuliner, kriya, fesyen, dan lain-lain. 

"Saya lihat ini cukup bervariatif. Ini menunjukkan bahwa variasi produk-produk UMKM sangat luas. Saya berharap mereka bisa naik kelas," pungkas Sandiaga Uno. [mt]


Komentar Pembaca