Sumsel Masih Aman dari Karhutla

Daerah  SELASA, 21 JUNI 2022 | 15:01 WIB | Rahmad Romli

Sumsel  Masih Aman dari Karhutla

moeslimchoice

MoeslimChoice. Meski di beberapa daerah di wilayah Pulau Sumatera terdeteksi  adanya titik api namun untuk wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) masih berstatus aman seiring meningkatnya kembali curah hujan di dasarian (10 hari) III bulan Juni.

Berdasarkan update data dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  Sumsel, ada peningkatan curah hujan di dasarian III Juni. Mulai dari curah hujan rendah (0-50  mm) hingga menengah (50-150 mm).

Hujan ini sendiri turun di wilayah-wilayah rawan kebakaran hutan seperti di Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) serta Kabupaten Banyuasin.

Untuk curah hujan rendah  turun di sebagian besar wilayah Musi Banyuasin bagian utara dan timur, Banyuasin bagian utara dan barat, OKU selatan bagian timur, dan sebagian kecil Lahat bagian selatan.

Sementara untuk hujan menengah (50-150 mm) turun di sebagian besar wilayah Sumatera Selatan termasuk di Kota Palembang.

Kondisi ini kemungkinan akan berlangsung hingga dasarian I bulan Juli namun ada sedikit penurunan curah hujan seiring terjadinya peralihan musim dari hujan ke kemarau.

Untuk dasarian I bulan Juli sebagian besar wilayah Sumatera Selatan mengalami hujan dengan volume rendah (0-50 mm).

Sementara untuk curah hujan menengah (50-150 mm) terjadi di sebagian kecil Musi Rawas, Lahat bagian selatan, sebagian kecil Pagar Alam, sebagian kecil Muara Enim, sebagian kecil OKI, sebagian OKU, sebagian OKU Timur, dan sebagian besar OKU Selatan.

Kepala Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan, Wandayantolis mengatakan, curah hujan diprakirakan mengalami penurunan seiring dengan peralihan ke periode Musim Kemarau. Meskipun diprakirakan terdapat peluang kenaikan jumlah curah hujan pada dasarian III.

Untuk itu masyarakat diharapkan tetap bijak dalam menggunakan air bersih dan jagalah lingkungan dari potensi bahaya kebakaran hutan dan lahan. [rhd]


Komentar Pembaca