Ini Dia 4 Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil TLO

Ekonomi  KAMIS, 16 JUNI 2022 | 14:28 WIB

Ini Dia 4 Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil TLO

Foto ilustrasi/net

Mengansuransikan kendaraan merupakan salah satu cara  untuk melindungi kendaraan kesayangan Anda. Tak hanya itu, dengan adanya asuransi pemilik kendaraan juga akan semakin aman dan nyaman dalam berkendara. Karena pertimbangan tersebutlah, pemilik mobil tidak pernah lupa mengasuransikan kendaraannya, mau itu bekas atau baru.

Ada beberapa pilihan produk asuransi yang dapat digunakan pemilik mobil. Salah satunya adalah TLO (Total Loss Only). Produk asuransi ini merupakan salah satu pilihan utama dari masyarakat.

Untuk mengetahui tentang produk asuransi ini, berikut ini akan kami sampaikan pembahasannya, termasuk jika Anda ingin memiliki asuransi TLO di Lifepal. Seperti diketahui, ada banyak asuransi mobil di Lifepal yang bisa dipilih sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Definisi Asuransi TLO

Sesuai namanya, tipe asuransi ini bisa diklaim saat mobil yang diasuransi rusak atau hilang total. Tidak hanya hilang akibat dicuri, klaim juga bisa dilakukan ketika mobil mengalami kerusakan parah yang persentase kerusakannya mencapai 75 persen.

Dengan angka persentase tersebut, bisa dikatakan mobil yang diasuransikan tidak bisa digunakan lagi walaupun sudah diperbaiki. Belum lagi biaya perbaikan pasti sangat mahal mengingat banyaknya sparepart yang harus diganti.

Dibandingkan diperbaiki, kebanyakan pemilik mobil lebih memilih membeli mobil baru di tahap ini. Jika mobil yang mengalami kerusakan masih dalam tahap cicilan, maka biaya ganti rugi dari pihak asuransi biasanya digunakan untuk melunasi sisa cicilan dan untuk bayar DP mobil baru.
 
Keuntungan Asuransi Mobil TLO

Ada banyak keuntungan asuransi TLO, berikut beberapa manfaat asuransi TLO yang berhasil kami rangkum untuk Anda, yaitu:  

1. Proteksi Mobil Apabila Dicuri Tak 

satupun orang yang ingin mobilnya dicuri, meskipun ada jaminan diganti dengan yang baru. Akan tetapi, kemalangan tidak bisa dihindari dan bisa terjadi pada siapapun.  

Dengan adanya asuransi TLO, Anda tidak perlu khawatir akan kemalangan tersebut karena Anda bisa mengajukan klaim mobil hilang dengan melampirkan bukti seperti rekaman.   

2.  Klaim Asuransi Mudah 

Klaim asuransi TLO di Lifepal bisa dilakukan dengan mudah, cukup dengan menghubungi call center perusahaan asuransi atau broker.
 
Pastikan Anda mengajukan klaim sesegera mungkin karena biasanya setiap perusahaan asuransi memiliki batas pengajuan klaim umumnya 5x24 jam setelah kejadian.   

3. Meminimalisir Pengeluaran untuk Perbaikan  

Dibandingkan biaya perbaikan motor, biaya perbaikan mobil berkali-kali lipat lebih mahal. Dengan adanya asuransi, beban ini bisa diminimalisir. Untuk itu, jangan ragu mengasuransikan mobil Anda.  Meskipun tidak ada kecelakaan atau kehilangan dalam jangka waktu 2 tahun, setidaknya Anda tetap merasa aman berkendara kemanapun.  

4. Premi Lebih Murah Dibandingkan asuransi All Risk.

Premi asuransi mobil TLO dibayar lebih murah yaitu sekitar 0.8 persen hingga 1.02 persen. Singkatnya Anda bisa menghemat sekitar 1.23 persen per tahun dengan menggunakan asuransi TLO.  

Sedangkan premi asuransi All Risk bisa mencapai 2.25 persen dari harga jual mobil.

Tips Pilih Perusahaan Asuransi Mobil yang Bagus

Baik buruknya perusahaan asuransi mobil pada dasarnya harus disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Ada beberapa tips penting yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan membeli polis asuransi mobil, antara lain:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan, jika Anda memiliki keterbatasan biaya ada baiknya untuk memilih asuransi TLO karena premi asuransi All Risk jauh lebih mahal meskipun manfaat tanggungan polis asuransi ini lebih luas.
  • Membandingkan polis beberapa perusahaan, saat ini ada banyak perusahaan asuransi sehingga Anda wajib membandingkan polis untuk bisa mendapatkan perusahaan terbaik. Agar lebih mudah, Anda bisa melakukannya dengan cara mengisi leadform perbandingan dari berbagai polis asuransi mobil di Lifepal. 
  • Pilih perusahaan asuransi terpercaya, ada banyak perusahaan asuransi dan pialang yang menyediakan polis asuransi mobil. Pastikan Anda membandingkannya terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli polis. Dengan begini Anda memiliki waktu untuk mencari tahu perusahaan mana yang menyediakan premi murah dan memiliki kredibilitas.
  • Pilih perusahaan asuransi yang memiliki bengkel rekanan luas, secara umum perusahaan asuransi biasanya bermitra dengan lebih dari 400 bengkel di Indonesia. Akan tetapi, beberapa perusahaan bisa bekerja sama lebih dari 500 bengkel rekanan. Dengan begini, Anda bisa mengajukan klaim ke bengkel rekanan yang lokasinya paling dekat dengan Anda.

Itulah sedikit ulasan mengenai asuransi TLO. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak pastikan Anda mengakses laman Lifepal untuk kemudahan melakukan perbandingan masing-masing perusahaan asuransi hingga melakukan pembelian polis secara online.[fah]  


Komentar Pembaca
Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

KesehatanKamis, 24 November 2022 | 09:10

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

IslamtainmentKamis, 24 November 2022 | 06:40

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Kabar Tanah SuciKamis, 24 November 2022 | 13:40

Anne Ratna Mustika Sebut Dedi Mulyadi Masih Punya Hutang Miliaran
Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Kabar Tanah SuciMinggu, 27 November 2022 | 19:43

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

POLKAMSelasa, 29 November 2022 | 23:50

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

NasionalSelasa, 29 November 2022 | 23:30

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

KajianSelasa, 29 November 2022 | 23:10

Hilman Latief: Penggunaan Nilai Manfaat Dana Haji Perlu Diproporsionalkan
Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Ekonomi SyariahSelasa, 29 November 2022 | 22:26