Mengenal Muzammil Hasballah yang Melantunkan Azan Saat Pemakaman Eril

Daerah  SELASA, 14 JUNI 2022 | 13:10 WIB

Mengenal Muzammil Hasballah yang Melantunkan Azan Saat Pemakaman Eril

net

Salah satu hal yang menjadi sorotan saat pemakaman anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Desa Cimaung Kabupaten Bandung adalah lantunan azan yang merdu oleh Muzammil Hasballah. Lantunan azan Muzammil Hasballah dipuji ibunda Eril, Atalia Praratya.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Muzammil Hasballah? 

Menurut situs resmi Universitas Stekom Semarang, Muzammil Hasballah lahir pada 21 September 1993 di Desa Paya Tijue, Kemukiman Gampong Lhang, Kecamatan Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam. Muzammil mulai terkenal saat dirinya menggunggah video rekamannya membaca Al-Quran dan menjadi imam salat berjamaah.

Muzammil Hasballah adalah putra bungsu dari pasangan Drs H Hasballah Usman dan Dra Hj Hasnidar Sulaiman. Ia memiliki kakak perempuan bernama Anna Sofya, sedangkan kakak laki-laki bernama Muhammad Hanif.

Muzammil menyelesaikan pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Arsitektur. Di samping itu, Muzammil Hasballah dipercaya menjadi imam Masjid Al Lathif Bandung dan Masjid Salman ITB karena suaranya yang merdu dan fasih dalam membaca Al-Quran.

Berikut sekolah-sekolah tempat Muzammil Hasballah menempuh pendidikan.

* Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tijue
* SMPS Unggul YPPU SIGLI
* SMA 10 Fajar Harapan di Banda Aceh
* Institut Teknologi Bandung (ITB)

Atalia Praratya pun memuji azan yang dilantunkan oleh Muzammil Hasballah tersebut.

"Lantunan adzan yang begitu indah melepas A Eril. Masya Allah..merinding... Hatur nuhun ust @muzammilhb," demikian tulis Atalia pada Instagram Story di akun miliknya, Selasa (14/6/2022).

Muzammil Hasballah juga sempat mengucapkan bela sungkawa atas berpulangnya Eril. Ucapan tersebut disampaikan melalui unggahan di Instagram miliknya @muzammilhb.

"Hari Jumat, awal ramai berita kehilangan Eril. Jumat berikutnya, status hilang dinyatakan berpulang. Hari Jumat ini... ramai lagi kabar jasad ditemukan," kata Muzammil dalam unggahannya, Selasa (14/6/2022).

Muzammil Hasballah mengungkapkan semua yang terjadi adalah ketetapan Allah. Begitu juga dengan meninggalnya Eril di hari Jumat.

"Bukan kebetulan, semua ketetapan Allah. Jumat... hari terbaik penuh berkah saat munajat mustajabah, jutaan do'a dan Shalat Ghaib dikirim untuk Eril. Allahu Akbar!" katanya.

"Apa ini pertanda husnul khatimah? Allah Maha Tahu. Boleh jadi wasilah dari kebaikan-kebaikan semasa hidup yang mengundang ridha Allah. Tenggelam di jalan ilmu, pahala syahid insyaAllah," sambung Muzammil.

Muzammil juga menambahkan, perpisahan yang terjadi hanya jeda untuk pertemuan abadi di surga.

"Pak @ridwankamil, Bu @ataliapr, insyaAllah perpisahan ini hanya jeda untuk pertemuan abadi di surga. Emmeril Kahn Mumtadz... mari terus kita doakan," tutup Muzammil Hasballah. [irm]


Komentar Pembaca