BMKG Rilis Peringatan Gelombang Tinggi, Cek Disini!

Daerah  SENIN, 13 JUNI 2022 | 08:30 WIB

BMKG Rilis Peringatan Gelombang Tinggi, Cek Disini!

Net

Hari ini, Senin (13/6/2022) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis peringatan gelombang tinggi. Gelombang sangat tinggi, 4-6 meter, diperkirakan terjadi di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah-NTB.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara disebutkan dominan bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 5-20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 5-20 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa bagian timur, Selat Sumba, Perairan Kupang - Pulau Rote, Laut Banda, dan Laut Arafuru," kata BMKG.

Untuk banjir pesisir atau rob, BMKG mengatakan mulai hari ini berpotensi menerjang pesisir Bima dan Dompu di NTB hingga Jumat nanti. Begitu juga di pesisir Sumatera Barat (Pantai Kota Padang, Pesisir Padang Pariaman, dan Pesisir Selatan), Aceh (pesisir barat dan timur), dan pesisir Bandar Lampung.

Potensi banjir rob di masing-masing wilayah bertahan sampai 16, 18 dan 19 Juni.

Untuk prakiraan cuaca hari ini di darat, BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat daya Banten. Sirkulasi tersebut yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudera Hindia barat daya Banten.

Sirkulasi siklonik juga terpantau di Kalimantan Barat. Yang ini membentuk konvergensi dari Kepulauan Bangka Belitung hingga pesisir barat Kalimantan Barat. Juga dari pesisir utara Kalimantan hingga Kalimantan Barat, dan dari Kalimantan Tengah hingga perairan barat Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi yang meningkatkan pertumbuhan awan hujan tersebut juga terpantau memanjang dari Selat Makassar bagian selatan hingga perairan selatan Kalimantan dan dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara bagian timur.

Ibukota provinsi yang diperkirakan hujan disertai petir pada hari ini adalah Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, dan Mamuju. Sedangkan Yogyakarta, Gorontalo dan Palembang diperkirakan turun hujan intensitas sedang.

BMKG juga mengatakan suhu udara berkisar antara 20-34 derajat Celsius dengan suhu terendah di Bandung. Suhu tertinggi diperkirakan terjadi di Denpasar dan Semarang. [Irm]


Komentar Pembaca
Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Tragedi Tersengat Listrik Saat Pengajian

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:10

Paylater Haram!!!

Paylater Haram!!!

Selasa, 09 Agustus 2022 | 13:08